Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Ginjal Rusak

Ilustrasi ginjal.
Sumber :
  • kidney.org

VIVA.co.id – Gaya hidup yang sehat adalah kunci  menjadi orang yang bebas penyakit. Pernyataan ini adalah fakta, apakah Anda mau mengakuinya atau tidak. Banyak orang cenderung menyalahkan penyakit karena kurang beruntung, padahal kesehatan adalah tanggung jawab diri masing-masing.

Bukan Hemodialisa, Pasien Kini Bisa Cuci Darah di Rumah

Kadang-kadang tanpa sadar, Anda mungkin bisa terlibat dalam kebiasaan tertentu yang menyebabkan kerusakan organ tubuh. Salah satu organ tubuh yang perlu dijaga dan sangat penting adalah ginjal. 

Organ ini bertanggung jawab untuk mengatur elektrolit dalam darah dan juga membantu  menghapus racun dan limbah di tubuh. Bila organ ini rusak, otomatis racun dalam tubuh tidak bisa dikeluarkan dan tubuh menjadi sakit karenanya. Berikut kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat rusak ginjal, seperti dilansir laman Boldsky.

Selain Lansia, 3 Kelompok Ini Juga Rentan Derita Batu Ginjal

Kurang minum air putih

Sebagian besar orang cenderung lupa mengonsumsi cukup air dalam sehari (dua liter per hari). Kebiasaan ini menyebabkan dehidrasi, dan dehidrasi salah satu penyebab utama  pengembangan batu ginjal dan juga kerusakan ginjal.

Waspada Penularan Hepatitis C Melalui Proses Cuci Darah

Menahan buang air kecil

banyak orang terlalu sibuk bekerja dan lupa akan buang air kecil. Menahan buang air kecil dapat menyebabkan akumulasi bakteri dalam ginjal, sehingga menyebabkan infeksi yang merusak ginjal.

Mengonsumsi protein berlebihan

Konsumsi makanan yang tinggi kandungan protein, atau konsumsi suplemen protein buatan, kadang-kadang dapat menyebabkan perkembangan batu ginjal dan akhirnya juga merusak ginjal.

Mengonsumsi garam berlebihan

Jika Anda mengonsumsi garam dalam jumlah yang sangat tinggi, ginjal harus bekerja lebih keras untuk mengatur keseimbangan elektrolit dalam darah Anda, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kegagalan organ.

Sering minum obat penghilang rasa sakit

Sering minum obat penghilang rasa sakit dapat membatasi aliran darah ke ginjal, sehingga menyebabkan kerusakan organ.

Mengonsumsi alkohol berlebihan

Minuman ini dapat menyebabkan penumpukan jumlah asam urat dalam aliran darah Anda. Hal ini dapat mempengaruhi ginjal dan juga dapat merusaknya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya