RESEP: Bikin Kue Lapis Legit Tak Sesulit Dibayangkan

Lapis Legit
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

VIVA.co.id – Siapa tak suka lapis legit? Kue ini merupakan salah satu kue klasik Indonesia yang selalu menjadi camilan favorit di berbagai kesempatan, termasuk di momen Lebaran. Kue yang terdiri atas lapisan-lapisan adonan bertekstur legit ini sebenarnya merupakan kue yang diadaptasi dari kue khas Belanda bernama spekkoek.

Cuma Butuh 5 Bahan, Resep Sagu Keju yang Gurih Cocok Buat Kue Lebaran

Banyak yang mengira membuat lapis legit adalah hal yang sulit dilakukan. Itu karena lapis legit memang harus dibuat satu per satu, lapisan demi lapisan. Padahal, sebenarnya membuat kue ini tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Tak percaya? Berikut ini adalah resep kue lapis legit yang bisa Anda praktikkan di rumah untuk Lebaran besok, seperti dilansir dari sbs.com.au.

Simak 4 Resep Kue Lebaran Enak Berikut Ini

Kue lapis legit

Bahan-bahan

7 Resep Kue Lumpur Lembut dan Nikmat, Dijamin Ketagihan

-150 gram margarin dan tambahan untuk melapisi cetakan kue.
-300 gram butter tanpa rasa.
-60 mililiter susu kental manis vanila.
-15 butir kuning telur.
-275 gram gula pasir.
-1/2 sdt vanili.
-105 gram tepung terigu.
-1 sdm spekkoek powder.

Cara membuat

1. Panaskan oven hingga suhu tinggi. Oleskan margarin pada loyang atau cetakan kue berbentuk persegi empat berukuran 20 sentimeter.

2. Gunakan mixer elektrik untuk mengocok butter dan margarin hingga pucat. Tambahkan susu kental manis dan kocok hingga rata. Sisihkan.

3. Di dalam mangkuk berukuran besar, kocok kuning telur, gula, dan vanili selama tiga menit atau hingga pucat.

4. Masukkan kuning telur yang telah dikocok, ke dalam mangkuk berisi campuran butter dan margarin. Aduk rata. Masukkan tepung terigu dan spekkoek powder, kemudian aduk kembali rata.

5. Tuangkan satu cangkir adonan tadi ke dalam loyang yang telah disiapkan dan letakkan di dalam rak paling bawah di dalam oven. Panggang selama 5 menit atau hingga berubah warna menjadi coklat gelap dan padat saat disentuh.

6. Ulangi langkah ke-5 di atas lapisan adonan pertama yang telah matang tadi. Lakukan hingga tercipta 12 lapisan dengan sisa adonan.

7. Dinginkan kue sebelum dipotong-potong dan disajikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya