Lebaran Pertama Rano Karno Tanpa Ibunda

Rano Karno.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria

VIVA.co.id – Perayaan Hari Raya Idul Fitri bagi Rano Karno tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, tepat enam bulan yang lalu, aktor yang juga menjabat sebagai Gubernur Banten ini, baru saja ditinggalkan oleh mendiang ibunda tercinta.

Bukan Recehan, Rano Karno Beri THR Lebaran untuk Para Cucu

Hal ini diungkapkannya saat menggelar open house, atau menurut istilah Rano, buka jaro, di kediamannya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis 7 Juli 2016.

“Tentu setiap tahun berbeda. Tahun ini tentu berbeda, ibu saya sudah tidak ada, sudah enam bulan yang lalu,” katanya.

Makanan Khas Betawi Jadi Menu Wajib Rano Karno di Hari Lebaran

Meski merasa cukup kehilangan, Rano mengaku sudah sangat ikhlas melepas kepergian Ibunda.

“Iya tentu beda, ya pasti beda, tapi kan semakin berumur semakin paham, bahwa suatu saat pun kita tidak ada. Tidak terlalu meratapi, tahun lalu ibu masih ada, dan sekarang tidak ada. kalau dahulu mungkin waktu kecil, mungkin merasa hilang, sekarang kita sudah semakin paham lah,“ ungkap pria berumur 56 tahun ini.

Hikmah Ramadan Tahun Ini Bagi Rano Karno: Berhenti Merokok

Seperti diungkapkannya kepada VIVA.co.id, ia memang sengaja mengajak ibunda tercinta tinggal bersamanya agar merasa lebih dekat. "Jadi memang sengaja saya minta tinggal di sini,” katanya.

Menurutnya, sebelum sang ibu meninggal, semua keluarga besar kumpul tumpah ruah di rumahnya di Hari Lebaran.

“Kalau dahulu masih ada ibu dahulu di sini masih ramai, sekarang sudah meninggal enam bulan yang lalu ya begini. Dahulu lebih banyak dari sekarang. Karena memang ibu kan lebih. Jadi semua pada datang ke sini,” tambahnya lagi.

Untuk itu pada Lebaran kali ini, ia harus  mengubah ‘formula’ silaturahmi ke keluarga besarnya. Menjadi anggota keluarga yang lebih muda membuat Rano Karno yang harus keliling mengunjungi keluarga lainnya.

Di hari kedua Lebaran, Rano Karno menggelar open house untuk umum. “Lebaran kedua memang begini, awalnya untuk keluarga, karyawan, dan belakangan menjadi umum,” katanya.

Meski begitu, Rano Karno tidak pernah secara khusus menemani satu persatu. Para tamu yang datang hanya bersalaman dan makan. Jika sudah selesai, pulang begitu saja. Rano mengaku tidak pernah menemani secara pribadi tamu-tamunya.

Pada hari Lebaran pertama sendiri, pemeran Si Doel Anak Sekolahan ini juga menggelar open house di pendopo kantor Gubernur Banten.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya