Ketahui Tanda-tanda Makanan Tak Layak Konsumsi

Ilustrasi makanan berjamur
Sumber :
  • Pixabay/Meditations

VIVA.co.id – Beberapa dari Anda mungkin mengonsumsi makanan segar setiap hari. Namun, bagi banyak orang, cukup sulit untuk makan makanan segar di setiap kesempatan. Mereka memilih untuk berbelanja bahan-bahan masakan selama seminggu atau sebulan dan menyimpannya di lemari es.

7 Alasan Mengapa Makanan Bisa Berjamur

Padahal Anda tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan yang telah disimpan selama beberapa hari, baik itu di dalam maupun di luar lemari es.

Untuk itu, ketahui tanda-tanda makanan yang sudah tak layak dikonsumsi, seperti dilansir dari laman Boldsky berikut ini.

Apakah Makanan Busuk dan Berjamur Itu Berbahaya?

Roti

Jika Anda melihat jamur di bagian-bagian tertentu pada roti, jangan memotong bagian tersebut dan memakan sisanya. Jauh lebih aman untuk membuang seluruh potongan roti yang telah berjamur. Itu karena roti yang telah ditumbuhi jamur, sekecil apapun bagian tersebut tetap saja menjadi tanda banyak mikroorganisme berkembang biak di roti tersebut.

Konsumsi Makanan Berjamur, Ini Bahayanya

Makanan basah

Terkadang, saat Anda terburu-buru membungkus makanan untuk makan siang di kantor, uap panas yang terjebak di dalam kotak makan dan kelembapan di tempat makan akan membuat makanan berbau tak sedap. Jika itu terjadi, sebaiknya makanan tersebut tidak dikonsumsi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Makanan sisa

Sebagian orang terbiasa menyimpan makanan sisa di lemari es selama berhari-hari dan mengonsumsinya ketika ada kesempatan. Padahal ini adalah kebiasaan tidak sehat karena tidak semua makanan tahan terhadap bakteri dan pertumbuhan jamur.

Keju

Hal yang sama berlaku pada keju. Ketika keju telah ditumbuhi jamur, maka lebih baik Anda segera membuangnya. Selain itu, jangan terlalu lama menyimpan keju di dalam lemari es. Orang cenderung mengira makanan yang disimpan di dalam lemari es tidak akan membusuk. Padahal ini adalah anggapan yang salah.

Telur

Jika telur yang Anda beli dilengkapi dengan tanggal di kemasan, maka Anda harus mengolah dan mengonsumsinya setidaknya sebelum empat minggu. Jika tak ada tanggal kedaluwarsanya, Anda bisa mengetes telur dengan meletakkannya di dalam gelas berisi air. Jika mengambang, itu adalah tanda telur busuk. Anda sebaiknya segera membuangnya.

Ikan dan daging

Jika aroma ikan dan daging sudah busuk dan tidak segar, jangan berpikir dua kali untuk membuangnya. Tentu saja, daging dan ikan memang memiliki bau amis, namun jika Anda merasa aromanya sedikit aneh, maka lebih baik untuk tidak memasaknya.

Makanan dalam kemasan

Makanan kemasan yang Anda pesan dari hotel atau restoran biasanya mulai berbau kurang sedap setelah beberapa jam. Jangan mengonsumsinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya