Lima Alasan Wanita Butuh Tidur Lebih Lama Dibanding Pria

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • pixabay/unsplash

VIVA.co.id – Tak hanya pola makan dan olahraga, waktu tidur yang cukup dan kualitas tidur yang baik pun tak kalah penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kemenkumham DKI Bantah Ada Biaya Alas Tidur di Lapas Cipinang

Nah, bicara soal tidur, tahukah Anda bahwa wanita membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dibandingkan pria?

Ya, sebuah studi yang belum lama ini dilakukan mengungkap bahwa otak wanita membutuhkan waktu istirahat yang lebih panjang. Berikut ini adalah beberapa alasannya, seperti dilansir dari laman Boldsky.

Viral Guru Rekam Muridnya Lagi Tidur

Wanita berbeda dengan pria secara biologis

Kondisi wanita sangat berbeda secara biologis dengan pria. Itu, karena wanita mengalami perubahan level hormon yang masif setiap bulannya. Kondisi seperti kehamilan dan menopause juga menyebabkan hormon melonjak dan ini berdampak pada pola tidur mereka. Itulah sebabnya, tidur nyenyak dan waktu tidur yang cukup sangatlah penting bagi wanita.

9 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Otak wanita lebih banyak digunakan dibanding pria

Menurut para peneliti, otak wanita jauh lebih kompleks dibandingkan pria. Otak wanita juga bekerja lebih banyak dibanding pria, sehingga butuh lebih banyak waktu istirahat.

Otak wanita lebih kompleks

Kompleksitas otak wanitalah yang membuat mereka membutuhkan waktu tidur setidaknya 20 menit lebih lama dari pria. Kurangnya tidur yang berkualitas sangat mempengaruhi kondisi psikologis wanita.

Berdampak pada kesehatan mental

Masalah-masalah seperti depresi, stres, mudah marah, dan kesal dapat terjadi pada wanita, karena mereka kurang tidur. Sebaliknya, jika pria menderita kekurangan tidur, mereka tidak akan menunjukkan tanda-tanda seperti di atas. Banyak pula risiko kesehatan yang ditimbulkan oleh kurang mendapat waktu tidur yang cukup.

Wanita ahli multitasking

Wanita sangat piawai dalam melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Mereka bisa menonton televisi, memotong-motong sayuran, dan berbicara di telepon dalam waktu yang bersamaan. Ya, di rumah maupun di kantor, wanita sering melakukan beberapa pekerjaan sekaligus.

Inilah yang membuat wanita memaksa otak mereka untuk bekerja lebih banyak dibandingkan pria, dan tentu saja ini membuat mereka membutuhkan waktu lebih banyak untuk bersantai. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya