Studi: Membayangkan Diri Berolahraga Bisa Bikin Otot Kuat

Ilustrasi olahraga.
Sumber :
  • Pixabay/provideos

VIVA.co.id – Rutinitas setiap hari terkadang sudah membuat Anda lelah, sehingga berolahraga terkadang terasa sulit untuk dilakukan. Tapi bagaimana jika ada cara lain yang mudah dilakukan? Hanya dengan berpikir sendiri tubuh Anda menjadi bugar?

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Dr Michael Mosley dan timnya menguji beberapa penelitian dari bidang neuroscience menyarankan hanya membayangkan diri Anda melakukan olahraga benar-benar bisa membuat otot Anda lebih kuat. 

Dilansir dari laman Dailymail, teknik yang disebut mental atau membayangkan motorik digunakan oleh atlet elit untuk memberikan keunggulan atas saingan mereka. Tapi apakah hal tersebut bisa bekerja untuk para manusia biasa atau bukan seorang atlet?

Hilangkan Rasa Terindimasi, Warga Bali Nge-Gym Bareng di Rooftop Mall

Untuk mengetahuinya, tujuh relawan, termasuk beberapa yang tidak bisa olahraga karena masalah kesehatan seperti multiple sclerosis, diberikan latihan mentak untuk dilakukan selama lima hari dalam seminggu selama satu bulan.

Sebelumnya, kekuatan di otot betis mereka diuji dengan mengajak mereka untuk mendorong sekeras yang mereka bisa menggunakan kaki mereka. USG mengambil pembacaan yang akurat dari ukuran otot dan massa sebelum impuls listrik merangsang melalui tubuh mereka untuk mengukur berapa banyak otot yang digunakan. 

Sport Centre Sumut Target Rampung Juli 2024, Ini Pesan Menko PMK

Kemudian mereka diminta untuk membayangkan diri mereka mendorong mesin dan bayangkan perasaan otot mereka selama 50 kali, selama 15 menit lima kali dalam seminggu, padahal otot tidak bergerak sama sekali. Setelah satu bulan, mereka dipanggil kembali dan tiga tes yang sama dilakukan pada mereka.

Yang mengherankan, kekuatan mereka telah meningkat rata-rata delapan persen, sementara kekuatan seorang wanita meningkat sebesar 33 persen. 

"Ini hasil yang luar biasa," kata Dr Mosley. "Pengukuran menunjukkan itu bukan karena otot tumbuh lebih besar, sehingga tidak ada hubungannya dengan perubahan dalam jumlah otot."

Jadi bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

"Uji stimulasi listrik memberikan jawabannya," katanya. "Hasil ini menunjukkan pada akhir bulan, relawan kam menggunakan lebih dari serat otot yang mereka punya."

Hal ini karena membayangkan dapat membantu otak berlatih keterampilan dan mengajarkan untuk mengaktifkan otot. Jadi, dengan membayangkan Anda tidak akan mempunyai otot yang lebih besar, tapi Anda dapat menggunakan dari apa yang Anda sudah punya. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya