Bahan Pembuat Bir Bisa Mencegah Kanker Payudara

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Mungkin ini bisa menjadi berita baik bagi para wanita. Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa hops, jenis bunga yang digunakan untuk membuat bir, dapat membantu menangkal kanker payudara.

Nunung Srimulat Bugar Kembali, Proses Pengobatan Selesai

Menurut laman Dailymail, tumbuhan ini memang telah lama dikaitkan dengan kadar hormon tubuh. Hal ini dibuktikan melalui beberapa penelitian yang menunjukkan kalau tumbuhan ini bisa 'menumbuhkan' payudara pada pria dan menenangkan gejala pascamenopause dengan meningkatkan metabolisme estrogen.

Sekarang, para peneliti di University of Illinois di Chicago, Amerika Serikat, mengklaim bahwa proses yang sama juga dapat mengaktivasi zat kimia yang dapat mencegah pertumbuhan tumor.

Yuk Jaga Kesehatan Payudara Sejak Dini, Biar Tak Ada Masalah Dikemudian Hari

Dalam penelitian tersebut, para peneliti mengaplikasikan ekstrak hops ke dalam dua garis sel payudara berbeda untuk melihat efeknya pada metabolisme sel estrogen.

Diketahui bahwa metabolisme estrogen yang lebih lambat menunjukkan peningkatan risiko kanker payudara.

Pentingnya Mengganti Bra Secara Teratur untuk Kesehatan dan Kenyamanan Diri

Seperti yang diharapkan, para peneliti menemukan bahwa satu kandungan ampuh dalam hops yakni 6-prenylnarigenin atau 6-PN, meningkatkan laju metabolisme estrogen sehingga meningkatkan jalur detoksifikasi di dalam sel.

"Kami masih harus menggali lagi kemungkinan ini, namun hasil yang kami temukan menyatakan 6-PN kemungkinan memiliki efek anti kanker," kata pemimpin penelitian Profesor Judy Bolton.

Diketahui, 6PN merupakan phyotestrogen yang ampuh dalam hops. Kandungan tersebut mengikat reseptor estrogen ketika ditelan tubuh, memberikan tenaga pada aktivitas hormon.

Aktivitas estrogen dari 6-PN ini sangat tinggi sehingga dilaporkan para pekerja wanita di perkebunan hops mengalami gangguan dalam siklus menstruasi mereka.

Akibatnya, bunga ini menjadi suplemen yang populer bagi wanita pascamenopause yang mengalami kulit memerah karena panas, berkeringat ketika malam, dan insomnia karena aktivitas estrogen yang melambat secara dramatis.

Menurut Profesor Bolton, tim peneliti menemukan hops bisa sangat efektif menangkal kanker payudara pada wanita yang menjalani perawatan penggantian hormon saat menopause.

Selain itu, hops juga mengandung senyawa serupa yang disebut 8-prenylnarigenin (8-PN), namun penelitian yang dilakukan Profesor Bolton menemukan kalau kandungan itu memiliki dampak yang kecil pada sel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya