TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Perankan Tokoh Kartini, Dian Sastro Banyak Baca Buku

Dian Sastro membaca buku berjudul 'Panggil Aku Kartini Saja'.
Perankan Tokoh Kartini, Dian Sastro Banyak Baca Buku
Dian Sastrowardoyo (Shalli/VIVA)

VIVA.co.id – Aktris Dian Sastro mengaku bangga mendapatkan peran sebagai Raden Ajeng Kartini dalam film Kartini. Hal itu  diungkapkan wanita berusia 34 tahun itu dalam syukuran film Kartini di XXI Djakarta Theater, Jakarta, Kamis 14 Juli 2016.

"Saya benar-benar bersyukur dapatin kesempatan ini (jadi pemeran Kartini), sebelum dapat kesempatan saya merasa punya kepedulian besar gimana peran perempuan dalam sebuah bangsa," kata Dian kepada VIVA.co.id.

Dian mengaku film Kartini akan banyak memberikan banyak pesan kepada kaum wanita.

"Saya kayak punya intuisi, walaupun dalam kontrasnya perempuan yang termajinalkan yang ironis, saya sadar gimana berdayanya perempuan dalam bangsa menentukan maju atau tidak bangsa itu," sambungnya.

Untuk tampil maksimal, ibu dua anak itu banyak belajar dari banyak pihak. Buku berjudul 'Panggil Aku Kartini Saja' sudah dibacanya demi menghayati perannya sebagai Kartini.
 
"Yang saya persiapkan, saya baca literasi yang bisa bantu saya perankan sosok Kartini. Dengan keterbatasan waktu dan sumber, Alhamdulillah saya sudah baca karya Pram yang 'Panggil Aku Kartini Saja', saya banyak belajar dari itu," ucapnya.

Dian banyak terbantu dari buku tersebut dan literatur lainnya. Ditambah waktu untuk menyiapkan proses syuting film tersebut sangat sedikit.

"Karena banyak essay tentang interpretasi dia (Pram) tentang Kartini dan itu membantu saya menuntun memahami Kartini. Dan saya baca Gelap Terang Hidup Kartini dari Tempo, itu sangat menarik dan disuguhkan sangat pop dengan bahasa yang gampang dicerna," tambahnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP