Tips Aman Si Kecil Bermain Pokemon Go

Pokemon Go
Sumber :
  • REUTERS/Sam Mircovich

VIVA.co.id – Demam permainan Pokemon Go sudah merambah banyak kalangan, tidak terkecuali anak-anak. Lalu, bagaimana memastikan agar si kecil tetap aman saat bermain permainan tersebut?

Google Kembangkan Teknologi Pokemon Go Bantu Orang Jaga Jarak

Sangat penting memastikan anak mengetahui ragam bahaya dari permainan yang sedang booming ini. Misalnya saja, buat ia memahami bahaya dari penggunaan ponsel pintar yang ia gunakan saat bermain bisa saja disalahgunakan oleh orang jahat.

Untuk itu, Anda bisa mengakali permainan ini sebagai salah satu permainan keluarga. Seperti saat si kecil menggunakan ponsel pintarnya selagi berjalan mencari Pokemon, di tempat lain Anda juga turut mencari dengan menggunakan ponsel pintar lain. Hal tersebut mampu membuat Anda dapat terus memantau keberadaan si kecil.

Game Pokemon Go dan Harry Potter Patut Diwaspadai

Namun, bagaimana jika si kecil tidak menyukai bermain bersama orang tua? Berikut tips yang dipaparkan oleh editor aplikasi Common Sense Media, Christine Elgersma, agar anak tetap aman bermain Pokemon Go, seperti dilansir dari laman Todaysparent.

Pertama, buat aplikasi tersebut tetap update di dalam ponsel pintar. Terutama pada bagian privacy, di mana akan didata sebagai satu akun di Google, sehingga dapat terus dipantau.

Pembuat Pokemon Go Rilis Game Harry Potter, Adu Sihir dan Mantra

Kedua, matikan location tracking pada ponsel pintar saat ia sedang tidak bermain Pokemon Go. Aktifkan kembali location saat akan bermain.

Terakhir, Anda bisa membuat akun email keluarga untuk permainan bersama sehingga seluruh keluarga bisa dipantau saat sedang bermain. Pastikan juga tidak menggunakan nama asli dan informasi pribadi lainnya di tampilan permainan tersebut.

Perlu diketahui, permainan ini sendiri memiliki manfaat seperti lebih aktif dan banyak bermain di luar rumah. Apalagi, saat sudah keluar rumah, si kecil bisa banyak berinteraksi dengan orang lain sehingga baik untuk perkembangannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya