Studi: Soda dan Minuman Manis Meningkatkan Risiko Kanker

Minuman bersoda.
Sumber :

VIVA.co.id – Orang yang minum banyak soda atau minuman manis lainnya, mungkin memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker langka di empedu dan saluran-saluran empedu di sekitar hati. Sebuah studi di Swedia menunjukkan itu.

Ingin Cepat Hamil, Hindari Minuman Bersoda

Obesitas serta peningkatan kadar gula darah menjadi ciri khas dari obesitas yang dapat meningkatkan risiko kanker ini. Karena soda dan minuman manis lainnya telah dikaitkan dengan gula darah tinggi dan berat badan. 

Peneliti bertanya-tanya apakah minuman ini memainkan peran dalam jenis kanker, kata penulis studi utama Susanna Larsson dari Institut Karolinska di Swedia. Untuk mengeksplorasi kemungkinan ini, peneliti menganalisis data survei dari kebiasaan makan dan minum 70.000 orang dewasa selama 13 tahun.

Enam Manfaat Tak Biasa Minuman Bersoda

Hanya sekitar 150 orang mengembangkan empedu saluran atau kanker kandung empedu selama masa studi. 

Tapi dibandingkan dengan orang-orang yang menghindari minuman gula, termasuk pemanis buatan, penikmat gula lebih memiliki risiko mengembangkan tumor kandung empedu. Juga kemungkinan 79 persen lebih tinggi terkena kanker saluran empedu, studi ini menemukannya.

Bikin Gemuk, Orang Ini Tuntut Produsen Diet Coke

"Konsumsi soda telah konsisten dikaitkan dengan risiko kanker saluran empedu dan kanker lainnya dalam studi sebelumnya yang serupa," kata Larsson melalui email, seperti dilansir laman Huffington Post.

“Penelitian saat ini adalah studi pertama yang menunjukkan hubungan yang kuat antara konsumsi minuman manis seperti soda dan risiko kanker saluran empedu," ucap Larsson.
 

Ilustrasi minuman ringan atau minuman bersoda.

Sering Konsumsi Minuman Bersoda, Efeknya Ngeri Banget

Merusak sistem reproduksi hingga menyebabkan gagal jantung.

img_title
VIVA.co.id
11 Juni 2018