Mengenal Daging Sapi Wagyu dan Kokusangyu Khas Jepang

Daging sapi.
Sumber :
  • Pixabay/cegoh

VIVA.co.id – Sebagian besar dari Anda pasti sudah pernah mencicipi makanan asal negeri Sakura seperti sushi atau ramen. Selain kedua makanan tersebut, berbagai olahan daging sapi juga menjadi incaran bagi mereka penikmat makanan Jepang.

Menikmati Sukiyaki dengan Cita Rasa Autentik Jepang, Unik Pakai Lelehan Permen Kapas

Dilansir dari Rocketnews24, daging sapi Jepang memiliki kualitas daging premium dibandingkan jenis daging lain. Harga daging sapi ini pun lebih tinggi karena rasanya yang empuk dan gurih.

Namun ternyata, terdapat dua kata dalam bahasa Jepang yang bisa diartikan sebagai daging sapi, padahal kedua kata ini memiliki makna yang berbeda. Berikut perbedaannya.

Lezatnya Beef Bowl, Sajian Resep Spesial Restoran Jepang Yoshinoya Sejak 1899

Wagyu

Kata ini seringkali muncul dalam daftar menu. ‘wa’ artinya 'Jepang' dan ‘gyu’ yang artinya 'daging sapi'. Namun, tidak semua daging sapi di Jepang dapat dikategorikan sebagai Wagyu. Sapi kategori wagyu harus berasal dari ras tradisional Jepang seperti kuroge wagyu, akage aagyu, nihon tankakushi atau mukakuwashu.

Cicip Ramen Khas Jepang dengan Kuah Kaldu Kaya Kolagen

Kobe dan matsuzaka adalah dua jenis daging sapi yang terkenal di Jepang. Keduanya dikategorikan sebagai Wagyu karena masih merupakan keturunan dari ras kuroge wagyu. Sapi ini berasal dari peternakan Tajima.

Meski demikian, beberapa daging yang bukan berasal dari Jepang bisa dikategorikan sebagai wagyu asal masih berasal dari empat ras di atas. Wagyu yang berada di luar Jepang bisa ditemukan di Australia dan Amerika Serikat.

Kokusangyu

Jika ‘wagyu’ diartikan sebagai 'daging sapi Jepang', begitu pula dengan 'kokusangyu' yang secara harfiah memiliki arti 'daging yang diproduksi di Jepang'. Kokusangyu bisa berarti daging yang berasal dari berbagai jenis sapi yang diternak di Jepang, tidak peduli apakah itu kategori wagyu atau tidak.

Misalnya, sapi asal Indonesia yang diternak di Jepang disebut kokusangyu, tetapi tidak bisa dikategorikan sebagai wagyu karena bukan peranakan sapi Jepang.

Secara teknis, daging sapi wagyu dapat dikategorikan sebagai kokusangyu. Sapi apapun yang berasal dari luar Jepang, namun dibesarkan di Jepang juga dapat dikategorikan sebagai kokusangyu.

Singkatnya, wagyu berasal dari peranakan sapi tertentu, sedangkan kokusangyu mengindikasikan tempat sapi tersebut dibesarkan, yaitu di Jepang. Wagyu biasanya memiliki rasa yang lebih nikmat dan lebih mahal ketimbang Kokusangyu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya