Ilmuwan Klaim Bisa Bikin Wanita Menopause 'Hamil' Lagi

Ilustrasi hamil.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sekelompok ilmuwan menemukan cara untuk membuat wanita menopause hamil lagi. Mereka menggunakan metode peremajaan ovarium wanita menopause.

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Dilansir Mirror, Minggu, 24 Juli 2016, dari artikel yang diterbitkan New Scientist, ilmuwan mengklaim metode peremajaan ovarium ini telah berhasil dilakukan pada wanita yang sudah lima tahun tidak haid.

Jadi sel telur yang “dimuntahkan” oleh ovarium yang diremajakan, kemudian dibuahi dengan sperma suaminya di luar rahim. Persilangan keduanya pun berhasil membuahi, embrio atau bakal bayi kini dibekukan dahulu, sebelum ditanamkan ke rahim si ibu.

Cerita Dokter Boyke Tangani Pasien 2 SMP yang Perawan Tapi Hamil, Kok Bisa?

Ternyata, yang membuat ovarium wanita menopause mengeluarkan sel telur lagi adalah berkat metode yang ditemukan ilmuwan-ilmuwan tersebut. Mereka menggunakan metode Platelet-rich plasma (PRP), metode ini dapat membantu pertumbuhan memicu jaringan dan pembuluh darah.

Nah, darah yang telah di PRP, kemudian disuntikkan ke indung telur wanita menopause. Sehingga, ini bermanfaat me-restart menstruasi, dan ilmuwan pun mengumpulkan sel telur yang dilepaskan.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Seorang ginekolog di klinik kesuburan Yunani, Konstantinos Sfakianoudis, menyatakan, penemuan ini membuka jendela harapan bagi wanita menopause untuk menambah keturunan dari genetik dia sendiri.

“Kesuburan diperkirakan akan mencapai puncaknya pada awal 20-an, kemudian berkurang (kesuburan) sekitar usia 50 tahun, dan mengalami menopause,” kata dia.

Sementara itu, Roger Sturmey dari Hull York Medical School di Inggris mengatakan bahwa penemuan tersebut sangatlah menarik. Tapi, dia hanya meragukan kelayakan usia wanita tua untuk hamil.

“Tetapi juga membuka pertanyaan, terkait batas usia seorang ibu harus hamil,” ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya