Ini Tak Boleh Dilakukan Saat Bayi Ada di Dalam Kereta Dorong

Seorang ibu membawa anaknya dengan kereta bayi
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Eduardo Ramirez

VIVA.co.id – Belakangan, penggunaan kereta dorong bayi atau stroller meningkat. Banyak orangtua memilih meletakkan si kecil di dalam kereta dorong, ketimbang menggendongnya dalam dekapan.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Namun, saat hal ini menjadi pilihan, Anda perlu tahu, ada larangan yang harus dipatuhi agar si kecil merasa nyaman.

Salah satu larangannya yakni, tidak boleh menyelimuti bayi saat dia diletakkan di dalam kereta dorong. Bahkan jika Anda pikir selimut atau kain itu digunakan untuk melindungi bayi dari silaunya sinar matahari. Dan lagi-lagi perlu diingat,  Anda tidak harus menutupi kereta dorong bayi dengan selimut.

Potret-Potret Menggemaskan Buah Hati Pertama Pasangan Jessica Milla dan Yakup Hasibuan

Dilansir Daily Mail, ada banyak alasan mengapa tak perlu menyelimuti bayi saat ada di kereta dorong. Ini bisa menimbulkan bahaya, sebab, penutup tipis sekalipun, bisa menaikkan suhu di dalam kereta dorong secara dramatis, serta meningkatkan risiko bayi meninggal mendadak atau terserang SIDS (Sudden Infant Death Syndrome).

Saran ini diungkapkan oleh Svante Norgren, seorang dokter anak di rumah sakit anak-anak Astrid Lindgren di Stockholm. Peneliti Swedia ini juga mengatakan, kain tipis atau selimut yang menutupi kereta dorong bayi bisa mengurangi sirkulasi udara dan menciptakan panas yang hebat.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Sebuah studi di Swedia pun telah menyebutkan dan menemukan kereta dorong bayi yang tertutup kain justru bisa meningkatkan suhu panas hingga 15 derajat lebih panas dari kereta dorong bayi yang dibiarkan terbuka.

"Itu akan sangat panas," kata Svante saat berbicara kepada surat kabar Swedia, Svenska Dagbladet.

Ia menjelaskan jika seorang bayi merasa terlalu kepanasan, pernapasan bukannya tidak mungkin berhenti mendadak. Untuk itu, para orangtua diminta waspada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya