Kios Makan Pinggir Jalan di Singapura Raih Bintang Michelin

Kios makan milik Chan Hong Meng di Singapura.
Sumber :
  • REUTERS/Edgar Su

VIVA.co.id – Antrean para pengunjung yang lapar mengular di depan sebuah kios makanan sederhana di Singapura, untuk mencicipi cita rasa hidangan lokal buatan pemilik kios yang belum lama ini telah dihadiahi bintang Michelin, penghargaan tertinggi di dunia kuliner.

Resto Ini Sajikan Menu Hotpot dan Nasi Goreng Durian, Apa Rasanya?

Ya, kios Hong Kong Soya Sauce Chicken Rice and Noodle and Hill Street Tai Hwa Pork Noodle menorehkan sejarah baru-baru ini setelah mereka menjadi kios makanan pinggir jalan pertama di dunia yang dihadiahi bintang oleh Michelin. Demikian dilansir dari kantor berita Reuters.

Singapura adalah negara pertama di Asia Tenggara dan keempat di Asia yang menerima penghargaan Michelin. Negara ini memiliki lebih dari 100 pusat jajanan pinggir jalan dan 6.000 kios yang menjual hidangan multi etnis.

Menikmati Jumbo Chili Crab di Singapura yang Bikin Nagih

Chan Hon Meng, pemilik Hong Kong Soya Sauce Chicken Rice and Noodle mengatakan dirinya merasa terhormat menerima penghargaan tersebut. Chan berharap kesuksesan kiosnya akan membuat para anak muda semangat memasuki dunia bisnis kuliner pinggir jalan, yang kini mulai kekurangan penerus. Itu karena kebanyakan pemilik kios makanan di Singapura adalah para orang yang usianya sudah tua.

Saya sangat senang. Tidak pernah menyangka kuliner pinggir jalan bisa menjadi global. Mudah-mudahan generasi selanjutnya juga bisa melakukannya," ujar Chan.

Makan Roti Panggang dan Laksa Otentik Singapura, di Sini Tempatnya

Roy Seeto, pria yang sering mengunjungi kios mi daging babi itu juga memuji Chan.

"Saya rasa dia patut menerima penghargaan itu. Sangat pantas," ujar Seeto.

Meski restoran dengan bintang Michelin terkenal mewah dan memiliki harga selangit, Chan belum memiliki rencana untuk menaikkan harga makanan yang ia jual. Juru masak berusia 51 tahun itu biasa menjual seporsi nasi ayam buatannya dengan harga S$2,5 atau sekitar Rp24 ribu. Ia bisa menyajikan hingga 150 porsi setiap jam makan siang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya