TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

RESEP: Yuk Buat Nugget Ikan Sendiri di Rumah

Agar lebih sehat, nugget tidak digoreng, melainkan dipanggang.
RESEP: Yuk Buat Nugget Ikan Sendiri di Rumah
Ilustrasi nugget ikan (Pixabay/bykst)

VIVA.co.id – Siapa tak suka nugget? Makanan ini identik dengan daging ayam. Namun, nugget juga bisa dibuat menggunakan daging ikan.

Jangan pula membeli nugget instan di supermarket karena mengandung zat pengawet. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Hasilnya bahkan akan jauh lebih lezat, dan tentunya lebih menyehatkan.

Sebenarnya Anda bisa menggoreng nugget ikan agar bagian luar atau kulitnya menjadi lebih renyah. Namun, untuk membuat nugget ikan yang lebih menyehatkan, Anda bisa memanggang dan melakukan metode broil di dalam oven.

Berikut ini adalah resep lengkapnya, seperti dilansir dari Food.com.

Nugget ikan

Bahan-bahan

-200 gram fillet ikan (pilih ikan dengan daging yang tebal dan padat)
-1 sdm air perasan jeruk lemon
-3 sdm susu
-1 butir telur
-2 sdm mustard
-2 sdm yogurt
-Garam secukupnya
-Merica bubuk secukupnya
-Tepung roti secukupnya

Cara membuat

-Panaskan oven hingga suhu 200 derajat Celsius. Siapkan wadah khusus oven dan alasi dengan kertas panggang.

-Potong ikan menjadi bentuk nugget yang diinginkan dan siram dengan air perasan jeruk lemon. Taburi ikan dengan garam dan merica. Sisihkan.

-Di dalam mangkuk berukuran besar, masukkan susu, telur, mustard dan yogurt. Aduk rata dan tambahkan garam serta merica. Aduk kembali hingga rata.

-Celupkan daging ikan kedalam adonan yang ada di dalam mangkuk dan baluri dengan tepung roti. Ulangi langkah ini setelah seluruh potongan daging ikan dibaluri dengan adonan dan tepung.

-Susun di wadah tahan panas tadi dan panggang selama 10 menit. Lalu ubah pengaturan oven ke fitur broil. Panggang kembali hingga berubah warna menjadi coklat keemasan.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP