Ketahui Cara Merawat Kemeja Rajut Supaya Awet

Kemeja bahan rajut dari Minimal
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id - Memiliki kemeja atau pakaian berbahan rajut diperlukan perawatan susah-susah gampang. Untuk itu, pemilik baju dengan bahan seperti ini harus memerhatikan cara mencucinya agar tidak mudah rusak.

Sebab, bukan tidak mungkin bila ada satu helai saja benang yang putus dapat merembet ke seluruh rajutan. Cara mencuci yang salah juga dapat membuat pakaian rajut menjadi melar atau menciut dari ukuran semula.

Bahan seperti ini biasa ditemui dalam beberapa model pakaian, seperti blus, gaun, outer, dan kemeja. Untuk kemeja atau pakaian berbahan rajut, biasanya tidak begitu terlihat dan terasa halus seperti serat-serat benang.

Agar lebih praktis saat mencuci, Hesty Halim selaku General Manager Minimal menyarankan untuk memilih teknik pencucian dry clean. Teknik ini membantu Anda menghindari risiko pakaian rusak saat dicuci.

Namun bagi Anda yang ingin mencuci sendiri kemeja atau pakaian rajut dapat menggunakan mesin cuci tapi dengan kekuatan yang rendah. Setelah dicuci, Anda dapat mengeringkannya di mesin pengering dengan kekuatan yang juga tidak terlalu kuat.

"Sebenarnya untuk praktis dan cepat dalam merawat kemeja rajut adalah dengan dry clean. Namun untuk yang ingin mencuci sendiri dapat menggunakan tombol pemutar cucian yang rendah begitu juga saat dikeringkan," ujar Hesty saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Rabu, 27 Juli 2016.

Dia menambahkan, tidak hanya cara modern saja yang bisa dilakukan, karena cara pencucian tradisional pun bisa diterapkan. Namun Anda tidak boleh memeras kemeja atau pakaian terlalu kencang.

Netizen Duga Syahrini Lagi Hamil, Foto Pakai Baju Lebaran Jadi Sorotan

Selain itu, hindari menjemur kemeja atau pakaian berbahan rajut di bawah sinar panas matahari atau dalam keadaan masih basah karena cara seperti ini dapat merusak bentuknya, biasanya bagian bahu menjadi turun.

Meski tidak mudah kusut, namun kemeja atau pakaian berbahan rajut bisa disetrika. "Kemeja rajut boleh disetrika asalkan dengan suhu yang tidak terlalu panas."

(mus)

Tips Menjaga Kesehatan Mesin Mobil saat Mudik Lebaran
Hyundai Grand i10 NIOS Corporate Edition

Mobil Baru Hyundai Rp130 Jutaan Sudah Bisa Dipesan di Diler

Hyundai Motor India baru saja meluncurkan Hyundai Grand i10 NIOS Corporate Edition dengan harga yang terjangkau, yaitu 693 ribu rupee atau setara Rp133 jutaan. Mobil ini

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024