Empat Inspirasi Memasak Hidangan Berbumbu Kecap

Ilustrasi hidangan berbumbu kecap
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Di berbagai negara di Asia, kecap menjadi salah satu bumbu masak yang wajib tersedia di dapur. Namun, kecap asin lebih umum digunakan di Korea, Jepang, China, Thailand dan lain-lain. Berbeda dengan di Indonesia, dimana kecap manislah yang jauh lebih populer di umum digunakan sebagai bahan masakan.

Nah, karena terbuat dari kedelai yang telah difermentasi, kecap asin memiliki karakter rasa yang sangat kuat dan mampu melezatkan berbagai macam hidangan. Berikut ini adalah sejumlah masakan yang bisa Anda bumbui dengan kecap asin, seperti dilansir dari BuzzFeed.

Saus daging

Mungkin ini terdengar aneh. Namun, kecap asin sangat cocok digunakan sebagai salah satu bahan pembuat saus daging untuk spaghetti dan pasta. Anda tak butuh terlalu banyak kecap asin, hanya sekitar satu sendok makan. Namun, pastikan Anda memasukkannya sebelum menambahkan garam. Jika sudah cukup asin, Anda bahkan tak perlu menambahkan garam ke dalam saus daging.

Risotto

Risotto adalah hidangan khas Italia yang begitu populer di seluruh dunia. Meski orang Italia tidak menggunakan kecap asin untuk membuat risotto, namun Anda bisa mulai melakukannya. Itu karena kecap asin akan membantu mengeluarkan umami, cita rasa dasar kelima, terutama jika ditambahkan ke dalam risotto jamur dan dikombinasikan dengan miso, pasta fermentasi kedelai khas Jepang.

Ayam

Apapun hidangan olahan ayam yang akan Anda buat, rasanya akan semakin lezat jika ditambahkan sedikit kecap asin, terutama ayam bakar. Gunakan kecap asin untuk membumbui ayam. Anda juga bisa mencoba mencampur kecap asin dengan saus Worchestershire atau kecap Inggris dan bawang putih sebagai bumbu rendaman ayam sebalum dibakar.

Mentega

Kecap asin sangat cocok dikombinasikan bersama mentega. Apalagi jika dijadikan bumbu untuk memasak hidangan Asia seperti cah daging sapi dan brokoli. Hidangan pun akan terasa gurih dan sedap.

Meninggal Dunia, Ini Profil Dorman Borisman Aktor Senior yang Langganan Jadi Karakter Orang Batak
Gempa Bumi Guncang Mataram NTB dan Bali

Gempa Bumi 5,2 Magnitudo Guncang Mataram dan Bali, Warga Lari Keluar: Trauma Gempa 2018

Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Bali diguncang gempa bumi bermagnitudo 5,2 pada pukul 05:09 WIB, yang berpusat di 97 kilometer Barat Daya Lombok Barat NTB

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024