Balap Sepeda Tour de Jakarta Tingkatkan Kesadaran Wisatawan

Balap sepeda Tour de Jakarta 2016
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA.co.id - Lomba balap sepeda Tour de Jakarta 2016 dimulai hari ini, Sabtu, 30 Juli 2016, tepat pukul 07.00 WIB.

Tim Balap Sepeda Indonesia ASC Monsters Juara Umum di Tour of Phuket

Dengan diikuti 11 regu dari luar negeri dan enam regu dari dalam negeri, para pembalap menyelesaikan 13 lap sepanjang 175,5 kilometer, dengan titik start dan finish tepat di depan Gedung Bank Indonesia.

Tour de Jakarta (TdJ) 2016 ini merupakan ajang pemanasan Tour de Singkarak yang akan digelar pada 6 hingga 14 Agustus 2016 mendatang. Lomba ini memperebutkan masing-masing 11 medali emas, perak dan perunggu, dan total hadiah uang sebesar Rp130 juta.

Lomba ini selesai sekitar pukul 11.00 WIB, dengan rute yang dilewati mulai dari Gedung Bank Indonesia, putaran Patung Arjuna Wijaya Monumen Nasional (Monas), Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman.

Penyelenggaraan TdJ sebagai ajang prestasi balap sepeda jalan raya di Indonesia bertaraf internasional ini merupakan sarana promosi untuk meningkatkan awareness wisatawan terhadap potensi wisata di Jakarta.

Beberapa masyarakat yang sengaja datang menyaksikan lomba ini juga menyatakan hal serupa.

"Lumayan efektif, biasanya lihat Jakarta macet, sekarang ada yang beda. Ngurangin polusi, dan menjadi daya tarik karena ada peserta dari luar negeri juga. Entah dia datang karena ikut event atau ajak temannya, jadi berpikir Jakarta tidak sesumpek itu," kata Farid kepada VIVA.co.id, yang ditemui di Jakarta Pusat, Minggu, 30 Juli  2016.

Lain lagi pendapat yang diungkapkan oleh Franky. Salah satu masyarakat yang hobi bersepeda dan kebetulan menyempatkan datang melihat lomba ini mengungkapkan bahwa banyak masyarakat tidak sabar jalan dialihkan, sehingga klakson terdengar di mana-mana.

"Tahu info lomba ini dari Facebook dan broadcast message teman. Tapi kalau lihat event ini di Jakarta baru pertama kali. Apalagi lalu lintasnya, di Jakarta ditahan sedikit saja, klaksonnya banyak," ujar pria yang berprofesi sebagai perawat tersebut. (ase)

Terpopuler: Timnas Jepang Hajar Thailand 5-0, Juara Dunia Tewaskan Istri Sendiri
Raja Sapta Oktohari

Indonesia Berpeluang Kirim Atlet Balap Sepeda ke Olimpiade 2024

Atlet balap sepeda Indonesia berpeluang lolos ke Olimpiade 2024 Paris. Adalah Bernard van Aert yang memiliki peluang tersebut setelah tampil apik di Hong Kong.

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2024