Pura Taman Ayun, Kebanggaan Bangsawan Badung yang Memesona

Pura Taman Ayun
Sumber :
  • VIVA.co.id/Beno Junianto

VIVA.co.id - Jika Anda berkunjung ke Bali tak lengkap rasanya kalau tak mampir ke Kabupaten Badung. Di Badung, sejumlah tempat wisata ditawarkan pemerintah setempat demi mengenalkan wisatawan lokal dan mancanegara (wisman) akan sejarah Bali.

Arya, pemandu wisata dari Dinas Pariwisata Kabupaten Badung mengenalkan tempat wisata bersejarah di Badung, yakni Pura Taman Ayun. Pura Taman Ayun saat dahulu kala adalah pesona bagi para bangsawan di Bali khususnya di Badung.

Arya mengatakan, tidak sedikit warga asing dan Tiongkok yang berkunjung ke tempat bersejarah ini. Mereka menghabiskan sekitar satu sampai tiga jam waktu untuk melihat keindahan pura di Pura Taman Ayun.

"400 Bule dan warga Tiongkok datang kesini. Kalau weekend bertambah setengahnya, sekitar 500 sampai 600 wisman" ucap Arya kepada VIVA.co.id.

Selain pura, di Pura Taman Ayun juga terdapat tempat pemandian para kaum bangsawan. Tak hanya itu, di sana juga terdapat tempat sabung ayam yang menjadi sarana kegagahan para kaum bangsawan dan pendatang.

"Di sini mereka berkumpul membawa ayam kebanggaannya. Namun mereka yang kalah ya fair mundur tidak membuat konflik," ucap Arya.

Pura Taman Ayun sendiri dikelilingi juga sejumlah taman air. Arya memuji arsitek zaman dahulu yang membuat Pura Taman Ayun ini.

"Taman air ini juga menjadi daya tarik. Bagaimana memperlihatkan keindahan sebelum masuk ke Pura-puranya," ucap Arya.

KIRANA Group Mengubah Lanskap Pariwisata Bali dengan Inisiatif Baru

Pura Taman Ayun

Ilustrasi wisatawan asing

Dinas Pariwisata Bali Gencar Antisipasi Kejahatan dan Gangguan Wisatawan

Selama tahun 2023, lebih dari 5 juta wisatawan asing (wisman) berkunjung ke Provinsi Bali, jumlah ini melebihi yang ditargetkan Dinas Pariwisata Bali.

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2024