Busana Terbaik dan Terburuk di Pembukaan Olimpiade Rio

Tim Indonesia di Olimpiade Rio 2016
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Kostum Senam Terbaik di Olimpiade Rio
- Meski sudah lewat, namun ajang upacara pembukaan Olimpiade 2016 di Rio de Jeneiro masih membekas di hati para penonton. Bagaimana tidak, sekitar 200 negara yang berpartisipasi, sejumlah desainer ternama dunia merancang busana yang dikenakan para atlet tersebut.

Ivan Gunawan Puji Busana Indonesia di Olimpiade Rio

Bukan hanya pesta olahraga, upacara pembukaan Olimpiade pada Jumat, 5 Agustus 2016 juga jadi panggung mode dunia. Para pengamat mode di seluruh dunia menyaksikan dengan penuh semangat. Berikut ini beberapa busana terbaik dan terburuk dari upacara pembukaan Olimpiade Rio 2016, seperti dilansir dari Daily Mail.

Tonga

Negara ini menampilkan salah satu atletnya dari cabang bela diri taekwondo, yakni Pita Nikolas Taufatofua. Pria bertubuh atletis tersebut membawa bendera Tonga memimpin barisan.

Menariknya, kehadirannya membuat seluruh hadirin terkesima. Bagaimana tidak, dia hadir dengan bertelanjang dada dengan seluruh tubuh yang dilumuri minyak dengan kostum khas negara itu merupakan salah satu yang terbaik.

Tim Tonga di Olimpiade 2016 di Brasil

Inggris

Para kontingen Inggris tampil begitu bersahaja dengan menggunakan seragam kemeja putih klasik, modis dengan sentuhan modern, jaket tipis pas body dan celana putih untuk pria. Sementara, untuk wanita mengenakan rok mini dan kemeja berwarna biru serta jaket tips berwarna putih.

Busana tim Inggris dirancang oleh desainer Stella McCartney. Sementara pasukan tim ini dipimpin oleh atlet tenis Andy Murray sambil membawa bendera negara mereka.

Ragam Busana Dunia di Pembukaan Olimpiade Rio 2016

Kanada

Blazer tradisional dengan gaya streetwear yang dikenakan tim atlet Kanada ini mendapat banyak pujian. Para kritikus mode memuji pemilihan busana ini karena mewakili negara mereka dengan bangga tanpa mengorbankan gaya.

Beberapa komentator di media sosial menyatakan bahwa Kanada adalah pemenang gaya busana terbaik di antara negara lainnya. Perancang busana tim ini adalah Dean serta Dan Caten dari DSquared2.


Korea Selatan

Pemilihan busana tim atlet Korea Selatan pun banjir pujian di media sosial. Mereka hadir seperti anak sekolah dengan menggunakan kemeja, blazer, dan celana putih panjang serta penambahan aksesori topi fedora.

Indonesia

Tidak ketinggalan, Indonesia pun dipuji sebagai salah satu negara yang paling berkesan dalam upacara pembukaan tersebut. Pakaian bernuansa merah dan putih bercorak lambang Garuda sukses menyihir ribuan mata yang hadir di sana.

Para kontingen Tanah Air menjadi sorotan media sosial dan menjadi perbincangan dengan membawa busana adat Lampung sebagai pemimpin barisan. Salah satu busana terbaik di antara ratusan negara lainnya ini merupakan rancangan desainer Prima Suci Ariani.

Olimpiade Rio 2016

Montenegro

Negara ini dianggap menampilkan busana layaknya seragam sekolah sihir dalam film Harry Potter. Busana yang dikenakan ini bernuansa biru muda lengkap dengan topi pendayung.

Sementara busana atau seragam yang dianggap terburuk dalam pembukaan upacara Olimpiade Rio, di antaranya merupakan rancangan desainer ternama, yakni:

Jerman

Tim Jerman mengenakan seragam bernuansa abu-abu dan merah marun. Mereka juga mengenakan parka panjang dan legging thermal dan dinilai tidak menawarkan salah satu hal yang menarik baik dalam warna maupun model.

Busana yang dikenakan dianggap kurang cocok, karena tidak sesuai dengan keadaan iklim di Brasil yang bersuhu 30 derajat. Busana yang mereka kenakan lebih cocok untuk musim dingin.

Hello team Germany ???? ! #olympics

A photo posted by The Olympic Games (@olympics) on Aug 5, 2016 at 5:22pm PDT


Cina


Cina pun dinilai sebagai tim dengan gaya busana yang kurang menarik. Bagaimana tidak, gaya busana tersebut terinspirasi dari telur dan saus tomat.


Untuk para atlet pria mereka mengenakan blazer merah cerah, kemeja putih dan dan dasi kuning abstrak. Sementara untuk atlet wanita mengenakan blazer kuning mustard, dengan dasi atau
scraf
warna pelangi.


Amerika Serikat

Para kontingen Amerika Serikat pun dinilai buruk dalam gaya busananya. Mereka mengenakan kaus bergaris merah, putih dan biru biru serta penambahan blazer warna
navy
rancangan Ralph Lauren. Maksud hati ingin memakai busana serupa dengan warna bendera, namun tampilan mereka bila dilihat secara keseluruhan seperti bendera Rusia.

Australia


Para tim atlet Australia berbusana seperti seorang pelayar dengan scarf yang melilit di leher. Para atlet wanitanya tampil dengan mengenakan blazer bergaris putih dan hijau dipadukan dengan rok pendek berwarna putih dan para prianya mengenakan celana pendek putih.


Banyak dari beberapa komentator fesyen mengatakan ini adalah salah satu kostum terburuk karena terlihat seperti pemberi kartu sehat.


Italia


Banyak yang menyayangkan bahwa tim Atlet Italia tampil dengan busana yang kurang menarik. Padahal negara mereka banyak melahirkan desainer ternama yang telah mendunia.


Para atletnya mengenakan celana
baggy
berwarna biru tua,
track suit
uniseks. Bahkan yang lebih membingungkannya lagi bahwa seragam tim ini dirancang oleh legenda fesyen Giorgio Armani.


Kroasia


Keputusan tim atlet Kroasia dengan menggunakan jaket kotak-kotak berwarna merah putih dinilai begitu buruk. Para penggemar negara tersebut melontarkan beberapa kicauan bahwa mereka adalah bangsa berpakaian paling buruk.


Irlandia


Sama halnya dengan Amerika Serikat, Irlandia pun dinilai sebagai negara yang memiliki seragam terburuk dengan mengambil konsep dari bendera mereka. Para atlet mengenakan busana jaket bernuansa biru tua dan hijau.


Swedia


Tim Atlet dari negara Swedia pun mengenakan busana yang begitu mengkilap, sehingga terkesan berlebihan. Mereka mengenakan busana seragam kuning neon yang mendapat banyak serangan di media sosial. Para komentator mengecap pakaian mereka adalah kejahatan mode dan hasil dari jiplkan tim ritel fesyen H & M dengan ABBA.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya