Stroke Intai Para Insomnia

Ilustrasi stroke.
Sumber :
  • Freewallpaper

VIVA.co.id – Anda mungkin sudah paham bahwa tidur yang cukup sangat baik untuk kesehatan. Apalagi, waktu tidur yang kurang memiliki konsekuensi yang begitu menakutkan pada dampak kesehatan tubuh.

Gejala Stroke yang Jarang Disadari dan Kerap Disepelekan

Insomnia dan kelainan tidur dapat meningkatkan risiko Anda terkena stroke. Dari analisa 29 studi yang telah dipublikasikan di Neurology, menunjukkan dampak buruk pada jadwal tidur dan kesulitan bernapas, seperti dilansir dari laman Glamour.

Bahayanya lagi, mereka yang memiliki kelainan tidur juga pernah terserang stroke, akan memiliki kesulitan untuk sembuh dari stroke. Terlebih, mereka lebih berisiko terkena serangan stroke kembali.

Sembuh dari Stroke Irgi Fahrezi Akui Dapat Mukjizat Usai Sholat Jumat: Saat itu Keajaiban Datang!

"Tidur dapat memulihkan fungsi otak dan penting untuk menyimpan informasi yang telah dikumpulkan saat malam hari, di mana menjelaskan mengapa stroke sulit pulih karena berkaitan dengan kelainan tidurnya," ujar salah satu penulis studi, Dirk M. Hermann, M.D.

Meski Anda tidak memiliki kelainan tidur, namun saat jam tidur kurang dari enam jam, maka dapat meningkatkan risiko stroke. Apalagi, jika hal ini sudah kronis, akan memicu tingginya risiko penyakit jantung, peradangan di tubuh, dan resostensi insulin.

Cara Mencegah Penyakit Stroke dengan Minum Susu dan Yoghurt

Untuk itu, sangat disarankan untuk mencukupi jam tidur yang dibutuhkan tubuh. Karena, dengan tidur yang cukup akan mampu 'membersihkan' racun di tubuh.

Selain itu, tidur juga dapat melepas racun dari kadar neuronal yang ada di sekitar otak. Sehingga, otak nantinya akan mampu berfungsi dengan baik selama seharian penuh.

Ilustrasi dokter/rumah sakit.

Stroke Harus Ditangani dengan Cepat dan Efektif, Kenali Apa Itu 'Stroke Ready Hospital'

Dalam penyakit stroke terdapat istilah ‘Time is Brain’ dan ‘Golden Hour’. Dokter spesialis saraf di RS Siloam TB Simatupang, dr, Peter Gunawan Ng, Sp.S beri penjelasan.

img_title
VIVA.co.id
20 November 2023