Pisang Ternyata Tak Baik Dikonsumsi Sebagai Menu Sarapan

Pisang.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Jika selama ini Anda berpikir bahwa pisang adalah menu yang sehat untuk sarapan, ternyata hal itu salah. Menurut para ahli, memilih pisang sebagai menu sarapan di rumah, ternyata tidak sesuai dengan yang selama ini dipikirkan. Bahkan, sarapan dengan pisang, ternyata bisa menghancurkan diet yang selama ini dibangun.

Jangan Salah, Jenis Pisang Ini Mampu Obati Asam Urat dengan Tuntas

Seorang ahli gizi bernama Dr. Daryl Gioffre menjelaskan, meski pisang memiliki manfaat yang baik dan mengandung kalium, serat, dan magnesium yang tinggi, namun pisang bukanlah pilihan yang baik untuk sarapan. Demikian dilansir dari Metro.co.uk.

Hal ini karena kandungan gula alami yang dimiliki oleh pisang. Dengan tingkat gula sebesar 25 persen, buah ini akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh Anda dengan cepat, dan tentu berisiko pada kesehatan.

Cerita Raisa Suka Pisang: Bisa Naikin Mood Kalau Lagi Lemas

"Pisang bisa membangkitkan tenaga Anda, tapi juga akan membuat Anda cepat lelah dan merasa lapar," kata Dr. Gioffre.

Selain itu, ia mengatakan bahwa pisang juga tidak bisa menjaga sistem pencernaan yang sehat.

15 Manfaat Konsumsi Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh

"Ketika gula dikonsumsi dalam bentuk apapun, itu akan mengalami proses fermentasi, seperti bir dan anggur, dan berubah menjadi asam dan alkohol dalam tubuh Anda. Ini bisa merusak sistem pencernaan Anda," kata dia.

Tapi Anda tidak perlu menyingkirkan pisang dari  menu sarapan Anda. Cukup kombinasikan pisang dengan menu sarapan lainnya.

"Tanpa menyeimbangkan sarapan pisang dengan lemak sehat, banyak manfaat pisang yang akan hilang, sementara hanya lonjakan gula darah dan asam yang akan didapat," kata Dr. Gioffre.

Dia merekomendasikan untuk mengombinasikan pisang dengan sesuatu yang bisa menetralisir asam dan memperlambat metabolisme gula untuk mencegah lonjakan gula darah. Salah satunya adalah dengan lemak sehat seperti selai kacang dan rempah-rempah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya