Jangan Simpan 5 Makanan Ini di Lemari Es

Ilustrasi saus tomat
Sumber :
  • Pixabay/Alexas_Fotos

VIVA.co.id – Banyak buah dan sayuran yang mudah rusak dan butuh didinginkan untuk mencegah penyakit akibat bakteri bawaan makanan, seperti E. coli atau listeria. Meski begitu, tidak semua buah, sayur dan bahan makanan harus Anda simpan dengan cara didinginkan.

8 Tips Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas Supaya Gak Cepat Busuk

Itu karena beberapa makanan justru mudah busuk dan kehilangan cita rasanya jika disimpan di suhu dingin. Berikut ini adalah enam makanan yang tak boleh Anda simpan di dalam lemari es, seperti dilansir dari Huffington Post.

Bawang putih

Biar Awet, Ini Cara Tepat Simpan Susu dan Telur di Kulkas

Bawang putih segar bisa disimpan tanpa dikupas di area kering dengan kelembapan rendah dan sirkulasi udara yang baik hingga enam bulan. Jika disimpan di lemari es, bawang putih bisa tumbuh tunas dan mengalami dehidrasi serta kehilangan cita rasanya.

Saus tomat

Begini Sara Simpan Bahan Makanan Saat PSBB Supaya Awet

Garam, gula dan cuka yang terkandung di dalam saus tomat berfungsi sebagai zat pengawet alami, yang membuat saus satu ini aman disimpan di dapur atau meja makan Anda. Saus tomat buatan rumah bisa disimpan hingga enam bulan di area yang sejuk dan gelap seperti meja dapur.

Bawang bombay

 

Seperti bawang putih, bawang bombay adalah bagian dari keluarga allium. Bawang bombay berwarna merah, kuning dan putih harus disimpan dalam keadaan kering dan tidak dikupas di area yang sejuk dan kering. Jika bagian atasnya hancur, maka akan memicu proses pernapasan yang akan membuat bawang bombay membusuk.

Kentang

Jangan simpan kentang di dalam lemari es untuk mencegah pati di dalamnya memecah menjadi gula, yang mana akan mengubah warna dan cita rasa kentang. Kentang mirip dengan bawang bombay yang bernapas, sehingga penting untuk menjaganya tetap dalam keadaan kering di area yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Cuci kentang hanya ketika Anda akan memasaknya.

Tomat

Suhu dingin mengubah tekstur tomat dengan memperluas penyebaran kandungan air di dalamnya. Anda bisa membayangkan botol soda beku yang meledak. Menyimpannya di dalam lemari es akan membuat tomat menjadi berpasir saat dimakan. Untuk itu, simpan tomat segar Anda di suhu ruangan yang jauh dari sinar matahari langsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya