Inilah Puisi Terakhir WS Rendra

VIVAnews - Di saat terbaring di rumah sakit, ternyata WS Rendra masih tetap berkarya dengan membuat puisi. Inilah puisi terakhir yang ditulis oleh budayawan tersebut.

WS Rendra menulis sebuah puisi pada saat dia sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Di tengah sakit yang dideritanya, pria kelahiran 7 Nopember 1935 ini masih menyempatkan diri menulis sebuah puisi pendek.

Puisi itu dibuat pada 31 Juli lalu. Untuk menuliskan Puisi itu, budayawan terbaik ini dibantu oleh sahabatnya, Adi Kurdi yang dikenal juga sebagai seorang aktor. Adi Kurdi disebut-sebut membantu menuliskan puisi itu di atas kertas.

Hal ini diungkapkan oleh salah satu sumber yang tak mau disebutkan namanya saat ditemui di Bengkel Teater, Depok, Jawa Barat, Jumat 7 Agustus 2009. salah satu kalimat dalam puisi yang ditulis Ws Rendra itu mengatakan 'Tuhan Aku Cinta Pada-Mu'.

WS Rendra meninggal di Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok pada Kamis, 6 Agustus, pukul 20.00 WIB setelah dua bulan menjalani perawatan.

Sekedar informasi, terlahir dengan nama Willibrordus Surendra Broto Rendra atau WS Rendra. Julukannya Si Burung Merak. Dia adalah sastrawan, budayawan, juga dramawan yang piawai di atas panggung.

Bakatnya di bidang sastra sudah terlihat sejak beliau duduk di bangku SMP lewat kemampuannya menulis puisi, cerita pendek dan drama dalam berbagai kegiatan sekolahnya.

Situs Wikipedia mencatat, Kaki Palsu adalah drama pertamanya yang dipentaskan ketika ia masih duduk di SMP dan Orang-orang di Tikungan Jalan adalah drama pertamanya yang mendapat penghargaan.

WS Rendra tidak berhenti berkarya, ia bagaikan mesin. Karya-karya sastranya tidak hanya dikenal di dalam negeri tapi juga di luar negeri. Bahkan sejumlah karyanya sudah diterjemahkan ke bahasa Inggris, Belanda, Jerman, Jepang dan India.

Hari Pertama Idul Fitri Sistem Kelistrikan Nasional Andal

Puisi Terakhir Rendra

Aku lemas
Tapi berdaya
Aku tidak sambat rasa sakit
atau gatal

Aku pengin makan tajin
Aku tidak pernah sesak nafas
Tapi tubuhku tidak memuaskan
untuk punya posisi yang ideal dan wajar

Aku pengin membersihkan tubuhku
dari racun kimiawi

Aku ingin kembali pada jalan alam
Aku ingin meningkatkan pengabdian
kepada Allah

Tuhan, aku cinta padamu

Dewi Perssik Rayakan Idul Fitri di Pakistan Bersama Rully

Berita Terfavorit:
1. Mengapa Prita Sudi Damai dengan RS Omni
2. Makam WS Rendra di Atas Makam Mbah Surip
3. Fakta Kecurangan Pilpres Versi Kubu Megawati
4. Liverpool Terancam Kehilangan Pemain Lagi
5. Jose Mourinho Ngotot Minta Playmaker

Sekjen PDIP sekaigus Sekretaris TPN Ganjar-Mahfud Hasto Kristiyanto

Pengamat: Serangan Hasto Terhadap Presiden Jokowi Bisa Merugikan PDIP

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto baru-baru ini melontarkan sindiran mengenai ketidakhadiran Presiden Jokowi dalam Open House yang diselenggarakan Megawati Soekarnoputri.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024