Mengapa WS Rendra Dijuluki Si Burung Merak

VIVAnews - Almarhum Willibrordus Surendra Broto Rendra atau WS Rendra dikenal dengan sebutan Si Burung Merak. Julukan burung dengan keindahan di bagian ekor itu ternyata berawal dari Kebun Binatang Gembiraloka, Yogyakarta, sekitar tahun 1968.

Awal mula 'gelar' Burung Merak yang melekat itu diceritakan kerabat Rendra, Edi Haryono, saat melayat WS Rendra di Bengkel Teater, Depok, Jawa Barat, Jumat, 7 Agustus 2009.

Sekitar tahun 1968, WS Rendra kedatangan sahabat bule-nya dari Australia. Saat itu, pria kelahiran 7 Nopember 1935 itu masih tinggal di Yogyakarta. "Tapi nama temannya dari Australia itu saya lupa," kata Edi.

Rendra ingin menghibur dan memperkenalkan budaya Indonesia. Rendra pun mengajak si rekan bule-nya itu jalan-jalan ke Kebun Binatang Gembiraloka, Yogyakarta.

Rendra menjadi guide temannya itu dari satu kandang ke kandang lain di dalam kebun binatang. Di setiap kandang, Rendra dan si rekannya tadi hanya melihat-lihat sejenak.

Tiba-tiba, Rendra mengajak sohibnya dari Aussie itu ke kandang Burung Merak. Saat itu ada tiga ekor Burung Merak jantan yang sedang mengembangkan ekornya. Keindahan ekor Merak yang warna-warni itu memukau keduanya.

"Kok saya diajak kesini (kandang Burung Merak)?" kata Edi menirukan rekan bule Rendra waktu itu. "Rendra pun menjawab, itu (Burung Merak) saya," ujar Edi. Si teman bule tadi memuji dan berkata, "Iya bagus. Itu cocok dengan kamu," kata Edi lagi.

Sejak itulah, si bule tadi menyebut Rendra dengan sebutan Si Burung Merak. Media cetak pun satu per satu juga membantu mempopulerkan sebutan itu. Rendra sangat senang dijuluki seniman Si Burung Merak.

ismoko.widjaya@vivanews.com

TERPOPULER: Ramalan Zodiak Hingga Anemia Aplastik yang Diderita Babe Cabita
Tukang kopi berjualan naik sepeda

Pengemudi yang Gagal Drift hingga Tabrak Starling dan Ojol Diamankan Polisi

Polisi amankan pengemudi mobil yang tabrak pedagang kopi keliling atau starling lantaran gagal melakukan aksi drift di kawasan Pondok Indah.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024