WS Rendra Meninggal Dunia

Zaman SMA Jero Wacik Suka Tiru Gaya Rendra

VIVAnews - Menteri Pariwisata dan Kebudayaan Jero Wacik, satu antara penggemar berat Si Burung Merak, WS Rendra. Zaman SMA dulu, dia paling senang menirukan gaya Rendra. Dia baru benar-benar bertemu muka dengan sastrawan tersebut puluhan tahun kemudian setelah duduk di kursi menteri.

"Saya kenal (karya) Mas Rendra dari SMU. Kebetulan saya senang main drama dan suka baca buku Rendra," kata Wacik usai melayat ke Bengkel Teater, Citayam, Bogor.

Rendra yang menghembuskan nafas terakhir pada usia 74 tahun sekitar pukul 22.00 WIB, Kamis 6 Agustus 2009 akan dimakamkan di areal Bengkel Teater. Lokasinya hanya beberapa meter saja dari makam seniman berambut gimbal, Mbah Surip. Rendra meninggal karena penyakit jantung koroner yang diidapnya.

Meski menyukai seni, Wacik tidak melanjutkan sekolahnya di bidang seni. Dia mengatakan, nasibnya tidak membawa ia menjadi seorang seniman.

"Ya tidak jadi (seniman) deh," kata Wacik. Meski penggemar berat, waktu itu Wacik tidak pernah kenal Rendra secara pribadi. "Perkenalan terjadi saat saya menjadi Menteri, waktu itu saya berikan penghargaan, anugrah Perintis Teater Indonesia. Itu pertama kali saya benar-benar menatap langsung Mas Rendra," akunya.

Sejak saat itu dia sering bertukar pikiran dengan Rendra seputar seni dan budaya. Dalam satu perbincangannya, menurut Wacik, Rendra sempat mengeluhkan dunia teater Indonesia yang jauh tertinggal dibandingkan seni lainnya, seperti film dan musik.

Kasus Pemalsuan Surat Lahan, Gubernur Kepri Sebut Bisa Diselesaikan dengan Musyawarah

"Beliau waktu itu bilang, cikal bakal aktor bagus itu kalau pernah masuk teater. Saya atas nama pemerintah menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya," kata Wacik yang mengaku kehilangan tokoh Indonesia ini.

Seorang pria Palestina membawa mayat seorang anak yang tewas akibat serangan Israel. (ilustrasi)

Biadab! Israel Eksekusi Anak Palestina Beramai-ramai dari Usia 4-16 Tahun

Kesaksian yang terdokumentasi telah dikumpulkan mengenai eksekusi anak-anak Palestina di Gaza oleh pasukan pendudukan Israel di dalam dan di sekitar Rumah Sakit Al-Shifa.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024