Lima Kebiasaan Kecil yang Hambat Produktivitas Kerja

Ilustrasi pekerjaan di kantor.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Menjadi produktif memang memiliki manfaat yang banyak, terutama agar mencapai tujuan karier yang diinginkan.

3 Cara agar Meditasi Bisa Redakan Stres

Saat tujuan dalam karier dan hidup dirasa sulit dicapai, kemungkinan besar Anda banyak melakukan kebiasaan yang sebenarnya hanya membuang waktu berharga. Berikut lima kebiasaan buruk yang menghambat produktivitas seperti dikutip dari laman Alarabiya.

1. Menjawab e-mail secepatnya

Pekerja Kantor Rentan Alami Gangguan Kepribadian, Waspadai Sikap Ini

Kebiasaan ini dapat mengalihkan Anda untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sebaiknya cukup cek dan respons e-mail hanya dua hingga tiga kali sehari dan buat rutinitas pagi Anda untuk lebih fokus mencapai tugas yang lebih penting untuk diselesaikan.

2. Berkutat dengan situs di internet

7 Trik Mengelola Kecemasan dan Stres Saat Bekerja di Wabah Corona 

Membuka situs satu demi satu yang berlainan hingga akhirnya kembali membuka situs yang sama dan terus berulang dalam sehari. Ini adalah kebiasaan yang memperlambat aktivitas Anda, dipicu dengan keinginan untuk menghindari tugas yang dianggap sulit. Agar tugas terasa lebih ringan, sebaiknya mengerjakannya sambil mendengar musik atau meminta bantuan.

3. Menulis e-mail yang panjang

Menghabiskan 10-15 menit untuk menulis sebuah e-mail dengan banyaknya detail yang sebenarnya dapat membuang waktu berharga Anda dan si penerima e-mail. Orang cenderung tidak memiliki waktu untuk membaca sebuah tulisan esai. Jadi, pilihannya adalah Anda menelepon orang tersebut atau buat e-mail dengan panjang hanya lima kalimat agar lebih fokus

4. Prioritas

Menunda suatu pekerjaan terkadang menghasilkan perasaan yang melelahkan. Jadi usahakan di pagi hari untuk menulis prioritas tugas Anda dan hindari membantu pekerjaan orang lain jika prioritas Anda belum tercapai.

5. Terhubung dengan telepon terus menerus

Melakukan pembicaraan melalui telepon setiap jamnya atau menggunakannya untuk cek e-mail, WhatsApp atau media sosial lainnya yang membuat Anda terus menerus berhubungan dengan telepon. Padahal itu bisa merusak produktivitas dan hubungan Anda dengan orang sekitar.

Aktivitas itu jika dilakukan setiap hari akan menjadi kebiasaan yang membuat Anda bergantung pada telepon. Jadi sebaiknya tinggalkan telepon saat makan siang atau meeting dan putuskan koneksinya saat malam atau akhir pekan tiba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya