Jarak Hamil Terlalu Dekat Berpotensi Bayi Lahir Prematur

Ilustrasi hamil.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kehamilan biasanya memakan waktu sekitar 40 minggu. Bayi disebut lahir prematur jika persalinan terjadi sebelum bayi mencapai usia 37 minggu di dalam rahim sang ibu. Prematur bisa terjadi karena beberapa hal salah satunya komplikasi saat kehamilan.

Viral Curhat Wanita Soal Janinnya yang Tiba-Tiba Hilang, Kok Bisa?

Sudah banyak diketahui bahwa risiko dari bayi lahir prematur dapat berdampak pada pertumbuhan dan kesehatannya kelak. Beberapa hal diketahui dapat memicu bayi lahir prematur. Karena itu, sebaiknya ibu memahami beberapa tindakan yang memicu bayi lahir prematur untuk menghindari risiko tersebut.

Diketahui, WHO memaparkan bahwa angka bayi lahir prematur dengan perbandingan satu dari 12 kelahiran di Kanada. Untungnya, sebuah studi dari Cincinnati Children's Hospital Medical Center menemukan bahwa 25 persen kelahiran prematur dapat dicegah. Cara untuk mencegahnya sendiri dengan mengeliminasi tiga hal yang bisa menjadi risikonya, seperti dilansir dari laman Todaysparent.

Anak Pertama Masih Belum Setahun, Penyanyi Ratu Meta Umumkan Hamil Anak Ketiga

Pertama, terlalu pendek jarak antara kehamilan anak yang satu dengan yang berikutnya. Disarankan, agar memiliki jeda kehamilan kurang lebih enam bulan bahkan peneliti menemukan waktu lebih optimal yaitu 12 hingga 24 bulan lamanya.

Kedua, terlampau tinggi atau rendah Indeks Massa Tubuh (IMT) wanita sebelum kehamilan. Seharusnya IMT ideal yang dimiliki wanita sebelum dan saat hamil yaitu 18,5 hingga 24,9.

Denny Sumargo Makan Otak Kelinci Biar Spermanya Bagus, Alhamdulillah Istrinya Hamil!

Ketiga, jumlah kenaikan bobot tubuh selama kehamilan berlangsung harus terus dipantau agar tidak melebihi angka IMT ideal. Dengan langkah pencegahan ini, diharapkan angka bayi lahir prematur akan menurun dan bisa lahir di usia yang sewajarnya.

Marcello Tahitoe

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Ello atau yang bernama asli Marcello Tahitoe baru-baru ini telah berbagi kabar gembira kepada publik. Sang istri, Cindy Maria Tahitoe, tengah mengandung anak kedua mereka

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024