Tips Mengontrol Penggunaan Gadget Pada Si Kecil

Ilustrasi anak dan orangtua.
Sumber :
  • Pixabay/alphalight1

VIVA.co.id – Terkadang, anak dan gadget menjadi satu hal yang sulit dipisahkan. Saat ini anak sudah terbiasa bahkan mahir menggunakan gadget dalam kesehariannya, mulai dari bermain hingga menonton tayangan kartun kesukaannya. Hal tersebut membuat pola baru dalam kebiasaan anak yang cenderung pasif.

Heboh Uang Jajan Anak Artis, Arie Untung dan Fenita Arie Terapkan Kesederhanaan

Anak yang pasif tentunya akan sedikit bergerak, hal tersebut berdampak pada kesehatan dan pertumbuhannya. Menangani anak yang terpapar gadget memang tidak mudah, anak akan marah dan menangis jika mainan kesenangannya diambil atau dibatasi pemakaiannya. Untuk itu, berikut ini beberapa tips bagi orangtua agar mampu mengontrol si kecil dengan gadget dan tv, seperti dilansir dari laman Todaysparent.

1. Batasi

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Ada salah satu cara unik membatasi waktu mengonsumsi gadget dan layar tv yaitu dengan bank jam. Di mana, seolah-olah Anda memberikan saldo waktu dalam beberapa menit untuk ia pakai saat ingin bermain gadget dan menonton tv. Bahkan, mereka bisa menabung saat waktu yang dipakai masih banyak tersisa.

2. Ajari penggunaan yang bermanfaat

Bingung Pilih Sekolah untuk Anak? Ini 5 Tipsnya

Buat anak tidak hanya berpikir bahwa gadget hanya untuk bermain atau tv hanya untuk menonton kartun tapi juga sesuatu yang bermanfaat. Misal, gunakan gadget untuk mengobrol bersama anggota keluarga jauh melalui Skype atau menonton acara yang memberikan informasi lebih berguna.

3. Diskusi

Sebelum membatasi waktu penggunaan gadget dan menonton tv, sebaiknya ajak anak diskusi. Diharapkan hal itu dapat membuatnya berpegang teguh dengan batas waktu yang ia ucapkan sendiri.

4. Beri jadwal

Atur jadwal untuk penggunaan barang tersebut, misalnya tidak digunakan saat makan malam tiba. Untuk itu, para orangtua juga seharusnya memberi contoh yang baik dengan tidak menggunakan gadget saat sedang berkumpul.

Seiring dengan itu, spesialis anak, Janice Heard juga setuju untuk memberikan jadwal pada si kecil. Ia menyarankan agar anak dilatih tidak menyentuh gadget saat jam makan tiba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya