Band Indie Gugat Demi Lovato, Diduga Curi Musiknya

Demi Lovato
Sumber :
  • REUTERS/Danny Moloshok

VIVA.co.id – Benarkah Demi Lovato melakukan pencurian karya dari artis lain? The Wrap melaporkan, pelantun Let It Go ini digugat grup musik indie, Sleigh Bells atas tuduhan pelanggaran hak cipta untuk lagunya, Stars.

Komposer Ari Bias Larang Agnez Mo Bawakan Lagu-lagu Ciptaannya, Apa Saja?

Dalam gugatan tersebut, Sleigh Bells menuduh Demi Lovato sudah mengambil musik mereka yang dibuat pada tahun 2010 berjudul Infinity Guitars. Mereka mengklaim, kombinasi tepuk tangan dan suara bass drum dalam lagu Demi sama dengan yang ada pada mereka.

Adanya kemiripan di antara kedua lagu tersebut membuat Sleigh Bells akhirnya mengajukan gugatan ke pengadilan Califonia. Mereka menyebut bahwa insiden ini berlebihan jika disebut ketidaksengajaan dan menyentuh bagian yang pokok dalam karya mereka.

David Koeswoyo Klarifikasi Larangan Bawa Karya Koes Plus Hanya untuk Band T Koes

"Tergugat tidak mencari atau menerima izin dari penggugat untuk menyalin, mengambil, menyontoh atau menyisipkan porsi apa pun dari Infinity Guitars saat membuat Stars, malah, penggugat mengeksploitasi materi Infinity Guitars dalam menciptakan Stars," begitu gugatannya.

Namun tahun lalu, produser musik Stars sudah membantah tidak ada contoh apapun yang digunakan dalam lagunya. Demo Lovato pun disebut tidak terlibat dalam proses produksi lagu ini.

Alasan LMKN InginPemerintah Segera Keluarkan SKB untuk Hak Cipta Musik dan Lagu

Pihak penggugat tidak menjelaskan lebih rinci tuntutan mereka. Pihak Demi Lovato juga belum memberi komentar apapun.

Stinky Reborn

Diusik Soal Royalti, Stinky Ungkap Ndhank Surahman Selalu Dapat Bagian

Menanggapi hal itu, pihak Stinky dalam hal ini adalah Irwan Batara selaku bassist angkat bicara merespons. Lagu Mungkinkah disebut, diciptakan oleh dua orang.

img_title
VIVA.co.id
3 Januari 2024