Kadar Mineral Tentukan Rasa Alami pada Air

Ilustrasi air
Sumber :
  • Pixabay/Colin Behrens

VIVA.co.id – Tubuh tidak bisa memproduksi sendiri mineral yang dibutuhkannya, karena itu tubuh mengandalkan asupan dari luar untuk memenuhi kebutuhan mineralnya.

Benarkah Kurang Minum Sebabkan Masalah Penyakit Ginjal? Begini Jawaban Pakar

Salah satu sumber mineral alami adalah air. Dalam air mineral terdapat kandungan kalsium, magnesium, sodium, dan potasium. Menurut Jurnal WHO, Nutrients in Drinking Water tahun 2005, mengelola asupan air dalam tubuh merupakan hal penting karena seberapa banyak air yang kita minum menentukan banyaknya mineral yang dapat dikonsumsi.

Bahrun Afriansyah, Senior Marketing Manager Coffee and Water PT Mayora Indah, Tbk., menuturkan kalau setiap mineral itu memiliki rasa.

Nestle Prancis Digugat karena Diduga Lakukan Proses Pengolahan Air Mineral Secara Ilegal

"Setiap mineral dominan yang terkandung dalam air menentukan rasa airnya. Seperti rasa pahit berarti air itu mengandung mineral tertentu yang mendominasi," kata Bahrun saat konferensi pers Gerakan Indonesia Sehat di Jakarta, Selasa, 23 Agustus.

Berdasarkan Jurnal Chemistry and Qualities of Good Tasting Drinking Water oleh Andrea M. Dietrich, mineral kalsium menimbulkan rasa asin atau pahit, sodium menimbulkan rasa asin, magnesium menimbulkan rasa pahit, dan bikarbonat menimbulkan rasa manis.

Diminum Tentara Israel, Air Mineral Sirma Dari Turki Masuk Daftar Produk yang Diboikot
Ilustrasi minum air/air putih.

Bisa Picu Kanker, Ini Biang Kerok Penyebab Tingginya Kadar Bromat dalam Air Minum Kemasan

Biasanya, senyawa bromat ini lebih banyak terdapat dalam air kemasan yang sumber airnya telah tercemar limbah industri atau pabrik. Bergantung pada lingkungan sumber air.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024