Jalan Kaki, Cara Fajar Alexa Bakar Kalori

Fajar Alexa
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bimo Aria

VIVA.co.id – Kesibukan seringkali menjadi alasan utama banyak orang yang tinggal di perkotaan untuk meninggalkan olahraga. Padahal, bahaya obesitas selalu mengintai, terutama jika asupan yang masuk ke dalam tubuh tidak imbang dengan kalori yang dikeluarkan tubuh.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Fajar Arifan atau akrab dikenal sebagai personel grup band Alexa, belakangan menjadi sangat perhatian dengan kesehatan. Ia, termasuk aktif mengikuti olahraga triathlon, untuk membakar lemak dan kalori dalam tubuh.

Hal ini diungkapkannya saat ditemui pada acara Bye Bye Lemak, yang diadakan Amway Indonesia, di Kota Kasablanka, Selasa 23 Agustus 2016. Ia mengatakan selama ini orang berpikiran lebih mudah untuk membatasi makanan ketimbang untuk bergerak, padahal menurutnya kalori dalam tubuh lebih mudah terbakar jika seorang mau bergerak.

7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Obesitas

"Coba untuk bergerak seperti berjalan 10.000 langkah perhari. Tidak terlalu sulit kok," ucap dia. Menurut pengalamannya, berjalan selama 30 menit saja sudah bisa menghasilkan 5 ribu langkah. Dan artinya, hanya butuh waktu kurang lebih satu jam untuk mencapai target 10 ribu langkah perhari.

Meski sekarang orang lebih cenderung menggunakan kendaraan umum untuk beraktivitas, tidak demikian dengan Fajar. Ia berusaha menyiasati, ada kegiatan jalan kaki di sela kesibukannya. Salah satu cara yang dia lakukan, dengan memarkir mobilnya sedik lebih jauh. Hal ini agar ia bisa memanfaatkannya untuk berjalan dan mencapai taget 10.00 langkah tersebut.

85 Persen Ibu Pilih Beri Susu Formula Ketimbang ASI, Ahli Ungkap Dampaknya

"Aku juga lagi menikmati transportasi umum, itu cara aku saat enggak banyak latihan tapi butuh bergerak," katanya.

Hal tersebut juga bisa membantu, jika seorang belum terbiasa untuk melakukan lari. "Start with walking, dan bisa berlalri pelan-pelan, dan saya tidak langaung menyarankan langsung marathon," tambahnya.

Menurutnya yang terpenting adalah konsistensi, dan membuatnya menjadi kebiasaan yang positif. "Kalau kita konsisten effortnya memang sedikit. Tapi itu yang membuat otak kita terbiasa. Dengan kita biasa berjalan otot langsung menuntut untuk kita berjalan dan itu yang dilatih untuk melatih muscle memory kita,"lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya