Bahaya Gula Darah Rendah, Sakit yang Diderita Eddy Silitonga

Berpuasa juga berpengaruh pada menurunnya tingkat gula darah.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Kebanyakan orang, lebih sering memperhatikan kondisi kadar gula darah tinggi. Namun, seringkali tidak mengetahui, bahwa kadar gula darah yang rendah juga bisa membahayakan kesehatan.

Benarkah Gula Sebabkan Efek Kecanduan?

Sakit ini pun dialami oleh penyanyi legendaris Eddy Silitonga. Sebelum meninggal dunia, dia sempat menjalani perawatan di ruang ICU, Rumah Sakit Fatmawati Jakarta Selatan. Namun setelah dua pekan menjalani perawatan, Eddy meninggal dunia, Kamis, 25 Agustus 2016.

Biasa dikenal dengan istilah Hipoglikemia, kondisi gula darh rendah ini dapat menyebabkan komplikasi, baik jangka jangka dan jangka panjang.

Bahaya Komplikasi yang Mengintai Penderita Diabetes

Untuk itu, penting mengetahui tanda-tanda tubuh mengalami Hipoglikemia agar dapat mengatasi kondisi tersebut segera setelah Anda menyadari hal itu.

Dilansir laman Everyday Health, Hipoglikemia, atau gula darah rendah umum dialami orang-orang dengan diabetes dan dapat terjadi bahkan ketika Anda sedang hati-hati mengelola kondisi tersebut.

Waktu yang Tepat Periksa Kadar Gula Darah

Hipoglikemia terjadi ketika jumlah glukosa darah (gula dalam darah) turun ke tingkat yang terlalu rendah untuk mempertahankan fungsi normal. Pada kebanyakan orang, ini didefinisikan sebagai tingkat gula darah di bawah 70 mg/dl.

Gula darah rendah pun umum dialami, terutama pada  mereka yang memakai insulin. Penurunan kadar gula darah ini dapat menyebabkan kedua komplikasi jangka pendek, seperti cemas dan pusing, serta komplikasi jangka panjang yang lebih serius.

Jika tidak diobati, dapat menyebabkan koma dan bahkan kematian. Untuk mencegah hipoglikemia dan efek samping yang berbahaya, penting untuk memantau kadar glukosa Anda dan mengobati gula darah rendah segera setelah Anda menyadari itu.

Berikut, Anda juga perlu tahu, tanda-tanda kadar gula darah rendah yang harus segera di atasi.

Lapar

Jika Anda sudah makan tapi masih tidak puas, atau jika Anda tiba-tiba, entah kenapa merasa seolah-olah Anda sedang kelaparan, tubuh Anda menandakan bahwa dibutuhkan lebih banyak glukosa, sebaiknya 15 gram dari sumber makanan kaya karbohidrat. Dua sendok makan kismis, 4 ons jus buah, dan permen keras disarankan untuk dikonsumsi. Dan ini diyakini sebagai sumber karbohidrat yang baik.

Perasaan cemas

Ketika kadar glukosa turun terlalu rendah, tubuh Anda memberitahu kelenjar adrenal untuk melepaskan ephinephrine hormon (juga disebut adrenalin), yang memberikan sinyal ke hati untuk membuat lebih banyak gula. Kelebihan ephinephrine menciptakan "adrenalin," yang dapat membuat Anda merasa cemas.

Malam selalu gelisah

Hipoglikemia nokturnal, yang sangat umum, dapat menyebabkan sejumlah gangguan tidur. Gejala termasuk keringat malam, mimpi buruk, sering bangun tiba-tiba dan menangis, dan perasaan bingung setelah bangun. Konsumsi makanan ringan sebelum tidur dapat mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan gangguan tidur.
    
Gemetar

Sistem saraf pusat mulai mengalami kerusakan ketika kadar glukosa tidak seimbang. Akibatnya, ia melepaskan katekolamin: bahan kimia yang mendorong produksi glukosa dan juga memproduksi gejala-gejala seperti ketidakstabilan emosional, perubahan suasana hati, berkeringat, pusing, bicara cadel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya