Beri Apresiasi Mampu Tingkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Ibu memuji anak.
Sumber :
  • pixabay/adinavoicu

VIVA.co.id – Dukungan dalam bentuk apapun wajib diberikan pada anak. Tidak hanya materil saja, dukungan secara moril juga dibutuhkan anak untuk tumbuh kembang pada sisi kejiawaannya.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Dukungan secara emosional salah satunya. Bentuk dukungan tersebut yaitu dengan apresiasi segala sesuatu yang telah dilakukan anak. Apresiasi adalah penghargaan atau penilaian yang positif terhadap suatu karya tertentu. jadi, apapun yang dilakukan anak wajib untuk dikomentasi dan ditanggapi secara postitf.

"Mau itu anak lelaki atau perempuan, dukungan emosionalnya sama yaitu memberi apresiasi pada diri anak," ujar psikologi klinis, Dra. Naomi Soetikno, Psi pada VIVA.co.id yang ditemui di kawasan Sudirman,Jakarta, Selasa 23 Agustus 2016.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Menurut Naomi, memberi apresiasi dapat menunjukkan bahwa anak memiliki kelebihan yang ada di dalam dirinya. Sehingga akan membuat ia semakin bangga dan percaya dengan kemampuannya.

"Saat kita memberikan apresiasi, beritahu bahwa anak memiliki kelebihan yang sudah seharusnya ia gunakan. Dengan begitu anak menjadi lebih bangga dengan kelebihannya," ucapnya.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Ditambahkannya, ada sebagian anak yang menyukai ucapan dalam bentuk apresiasi disertai sentuhan fisik. Untuk itu, orangtua juga tidak boleh pelit dalam memberikan dukungan tersebut.

"Ada anak yang mungkin diucapin saja sudah bangga. Tapi ada juga anak yang harus diucapin disertai pelukan baru dia bangga, nah itu harus dipahami orangtuanya," kata dia.

Praktisi dan Peneliti Neuroscience Dokter Aisah Dahlan

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Aisah Dahlan menjelaskan bahwa dalam membimbing dan mendidik anak, orangtua harus melibatkan orang lain, termasuk selektif memilih tempat untuk sekolah.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024