Ketahui Kandungan Kalori Makanan Lewat Aplikasi Ini

Ilustrasi ponsel pintar.
Sumber :
  • Pixabay/kaboompics

VIVA.co.id – Mengubah pola makan menjadi lebih sehat atau demi menurunkan berat badan tentu saja membuat orang lebih hati-hati untuk menyantap makanan. Mereka lebih memperhatikan dan membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Namun, sulit untuk mengetahui kandungan kalori dalam makanan ketika Anda bersantap di luar rumah. Itulah yang mendasari restoran makanan cepat saji bergaya Jepang, Hokben mencantumkan nilai gizi dalam seluruh menu hidangan mereka.

Kreatif, Aplikasi Cek Gizi Jajanan di Kantin Karya Pelajar Surabaya

Pelanggan bisa mengetahui kandungan kalori dan nilai gizi menu-menu yang akan dipesan melalui aplikasi pemesanan makanan yang baru saja diluncurkan, bernama Hokben Apps. Misalnya saja untuk menu, Chicken Yakiniku.

Di layar ponsel pintar atau tablet Anda tak hanya mencantumkan informasi tentang nama, deskripsi dan juga harga menu tersebut. Ada pula penjelasan mengenai nilai gizi yang terkandung di dalamnya seperti, kalori sebanyak 120 kkal, protein sebesar 15 gram, lemak sebesar 4 gram, karbohidarat 6 gram, natrium 760 miligram dan kandungan lainnya.

HokBen Ternyata Restoran Cepat Saji Asli Indonesia Lho

Hal itu karena, meski dikenal menjual makanan cepat saji, namun restoran tersebut juga selalu mengusung konsep 'sehat' bagi para pelanggan.

"Karena kita itu mengangkat healthy, HokBen itu sampai saat ini tidak ada imej junk food karena kita memang benar-benar fresh ya," kata Fransisca Lucky, Marketing Communication Group Head PT Eka Bogainti, yang ditemui pada peluncuran Hokben Apps, di Plaza Atrium, Kamis 25 Agustus 2016.

Nikmatnya Mencicipi Salmon Panggang ala Jepang

Ia juga menjelaskan, ketika banyak restoran cepat saji lainnya yang memproduksi makanan menggunakan mesin elektronik, di HokBen semua masih tetap dibuat dengan proses memasak di dapur. Menurutnya, dengan mencantumkan kandungan nilai gizi yang ada di tiap porsi makanan, pelanggan tidak hanya tergoda dengan kelezatan menu yang ditampilkan, tetapi juga tahu secara rinci asupan apa saja yang masuk ke dalam tubuhnya.

"Customer bisa hitung sendiri berapa nilai gizi yang masuk ke tubuh mereka, dan bisa pilih yang sesuai. Jadi bisa terukur. Jadi costumer juga tidak ragu dengan kita," ujar dia.

Untuk mengukur nilai gizi yang terkandung dalam tiap porsi makanan, mereka juga menggunakan jasa ahli gizi.

Selain itu, sebagai restoran dengan konsep 'sehat', Lucky juga menambahkan, bahwa setiap wadah ataupun alat makan yang ada, semua terbuat dari bahan-bahan 'food grade', sehingga aman untuk digunakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya