Konsumsi Buah-buahan Citrus Mampu Cegah Penyakit Jantung

Ilustrasi buah jeruk.
Sumber :
  • Pixabay/MichaelGaida

VIVA.co.id – Asupan buah-buahan citrus seperti jeruk dan lemon dapat menjaga tubuh tetap sehat, serta mencegah efek-efek penyakit jantung yang berhubungan dengan obesitas yang berbahaya, penyakit hati dan diabetes. Itu diungkapkan oleh sebuah studi yang belum lama ini dilakukan.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Buah-buahan citrus memang mengandung antioksidan yang tinggi, yakni flavonone.

Ketika manusia mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, mereka mengakumulasi lemak di dalam tubuh. Sel-sel lemak kemudian memproduksi jenis oksiken reaktif yang dapat membahayakan sel-sel dalam proses yang dinamakan stres oksidatif.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Proses ini bersama dengan inflamasi dapat membiat seseorang menjadi obesitas dan meningkatkan risiko penyakit jantung, hati dan diabetes. Demikian menurut tim peneliti, yang hasil riset mereka dilansir India Express.

"Hasil kami mengindikasikan bahwa di masa depan kita dapat menggunakan flavonone citrus untuk mencegah atau menunda penyakit-penyakit kronis yang disebabkan oleh obesitas pada manusia," ujar Paula S. ferreira, mahasiswa di Universidade Estadual Paulista (UNESP) di Brazil.

7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Obesitas

Meski begitu, studi itu tidak menunjukkan terjadinya penurunan berat badan oleh flavonone yang terkandung di dalam buah-buahan citrus.

Walaupun tidak membantu menurunkan berat badan, buah-buahan citrus dapat membantu Anda menjadi lebih sehat dengan tingkat stres oksidatif dan kerusakan jantung yang lebih rendah, serta mengurangi risiko lain yang terkait dengan penyakit yang berhubungan dengan obesitas.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya