Gac, Buah dari Surga Penuh Manfaat

Buah Gac
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria

VIVA.co.id – Mungkin tidak banyak yang tahu dengan buah gac atau yang juga sering disebut buah dari surga. Buah yang memiliki nama latin momordica cochinchinensis disebut buah surga karena kandungan yang terdapat dalam tiap sarinya mempunyai segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Tertulis di Alquran, 6 Buah Ini Punya Khasiat Luar Biasa untuk Singkirkan Penyakit

"Buah ini sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak, mengobati rabun senja, mencegah penuaan dini, sebagai pewarna organik untuk makanan," ujar Syah Angkasa dari Majalah Trubus ketika ditemui pada Fruit & Vegie Festival yang diadakan di Teras Berlian, Blok M Square, Jakarta Selatan.

Ia juga menjelaskan, buah asal Vietnam ini di negara asalnya sering digunakan untuk campuran minuman tradisional yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Meski berasal dari Vietnam, olahan buah gac justru lebih banyak diproduksi di negara Thailand.

Siapkan Menu Sehat untuk Sahur dan Buka, Begini Cara Simpan Sayuran Agar Awet Segar

"Ini juga banyak di Thailand dan banyak diolah jadi minuman kesehatan, di sana diolah dalam bentuk kemasan jadi dijus," jelasnya. Dalam pengolahannya, buah yang masih satu kerabat dengan melon ini hanya diambil dagingnya saja, sedang bijinya dibuang.

Karena rasa dominan buah berwarna merah keoranyean ini sedikit langu, dalam pegolahannya, buah ini seringkali dicampur dengan madu atau nanas untuk menambah citarasa olahan.

Bisa Tingkatkan Libido, Konsumsi Buah Ini Bikin Urusan Ranjang Jadi Makin Erotis

"Dikasih madu, kadang dikasih nanas. Jadi rasanya yang jelek itu hilang, ini juga untuk kolesterol, diabetes," katanya.

Ia juga menyarankan untuk olahan buah gac sendiri lebih enak ketika disimpan di kulkas dan dinikmati dalam keadaan dingin.

Ilustrasi diabetes.

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Diabetes merupakan kondisi medis yang memengaruhi cara tubuh anda memproses gula darah. Makanan dan minuman yang dikonsumsi memiliki dampak langsung pada kadar gula darah

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024