Fase Perubahan Payudara Pada Masa Kehamilan

Wanita hamil.
Sumber :
  • Pixabay/RMT

VIVA.co.id – Jika memasuki masa kehamilan, tentunya Anda akan mengalami banyak perubahan pada bentuk tubuh Anda. Selain itu perubahan tidak hanya pada fisik namun juga psikologi dan emosional yang disebabkan oleh hormon yang tidak menentu.

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Perubahan hormon yang tidak menentu juga berpengaruh pada perubahan bentuk payudara. Pada masa kehamilan, payudara mengalami fase untuk mengubah fungsinya sebagai tempat memproduksi Air Susu Ibu (ASI).

Berikut ini adalah beberapa fase perubahan payudara yang akan dilalui ibu selama masa kehamilan. Seperti dilansir dari laman boldsky.

Cerita Dokter Boyke Tangani Pasien 2 SMP yang Perawan Tapi Hamil, Kok Bisa?

1. Lebih berat

Hormon yang meningkat selama masa kehamilan menyebabkan membesarnya jaringan kelenjar di payudara. Hal itu menambah bobot payudara Anda, sehingga terasa lebih berat.

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

2. Lembut

Selama kehamilan aliran darah menuju payudara meningkat, sehingga jaringan kulit akan mengembang. Hal itu membuat payudara terasa sakit. Namun peningkatan hormon membuat kulit di area payudara menjadi lebih lembut.

3. Munculnya pembuluh vena

Anda mungkin mulai melihat munculnya pembuluh darah berwarna kebiruan pada payudara Anda. Hal itu terjadi karena pembuluh vena mempersiapkan diri untuk mengakomodir aliran darah ekstra.

4. Puting membesar

Puting juga mempersiapkan diri sebagai pintu keluarnya ASI. Sehingga jaringan kulit juga melebar selama masa kehamilan.

5. Keluarnya cairan susu

Selama trimester 2 atau 3 pada masa kehamilan, seorang wanita sering mengeluarkan cairan susu dari payudaranya. Cairan ini bernama kolostrum yang baik bagi bayi.

6. Strech mark

Karena membesar, akan timbul strech mark pada sekitar payudara ibu hamil. Strech mark terjadi karena sobeknya jaringan kulit karena pembesaran.

7. Kendur

Karena peningkatan ukuran dan kepadatan, payudara Anda cenderung kendur. Dan akan terjadi juga setelah masa persalinan.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya