Bank Indonesia Gelar Pameran UMKM

Logo Bank Indonesia.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside/Files

VIVA.co.id – Bank Indonesia (BI) menggelar kegiatan yang ditujukan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memberikan pembinaan kepada pengusaha kecil dan menengah.

Perkuat Industri Otomotif, BRI Salurkan Pembiayaan untuk IKM Lokal

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud konkret mengembangkan UMKM dari BI. Upaya ini dilakukan untuk mendorong pengembangan ekonomi baru dan melestarikan citra budaya daerah.

“Ini juga ajang untuk memperkenalkan produk binaan BI. Kami selalu mendapatkan pandangan dan arahan dari Kementerian Koperasi dan UKM dan Badan Ekonomi Kreatif dan kami didukung oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Dekranas Daerah," ujar Agus Martowardjoyo di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Jumat, 26 Agustus 2016.

Cukup Rp39,31 Triliun, Laba BRI dalam 9 Bulan

Dia menambahkan, penciptaan ekonomi baru akan menjadi fokus utama bank sentral. Terutama sejak 2009, ekonomi dunia terus mengalami pelemahan sehingga berdampak pada Indonesia dan memaksa pemerintah mencari sumber ekonomi baru yang salah satunya UMKM.

Selain itu, pengembangan UMKM dan pengembangan ekonomi kreatif menjadi kunci pengembangan perekonomian Indonesia ke depan. Potensi keduanya bisa menciptakan lapangan kerja yang baru.

Simak, Begini Cara SiCepat Dukung Digitalisasi UMKM

"Indonesia memiliki potensi besar khususnya itu ada di kaum wanita Indonesia. Dan kalau bisa meningkatkan produktivitasnya di dua ini, akan memberikan sumbangsih besar untuk perekonomian Indonesia," tuturnya. (ase)

Contoh Ilustrasi Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Sumber : Dokumentasi pribadi

Ekonomi UMKM Pasca Pandemi Covid-19

Peran pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam membangun sektor perekonomian di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
9 Desember 2022