Penting Diketahui Sebelum Mewarnai Rambut

Rambut berwarna.
Sumber :
  • Pixabay/Matlachu

VIVA.co.id – Penampilan merupakan hal penting yang harus dijaga semua wanita. Selain kulit, rambut sebagai mahkota juga perlu diperhatikan agar terjaga dan terawat dengan baik keindahannya.

Pamer Rambut Baru Senilai Rp10 Juta, Mayang Lucyana Disentil Warganet

Bagi yang senang mewarnai rambut agar tampak alami, sebaiknya pilih produk pewarnaan yang mengandung bahan alami dan praktis dalam pengaplikasiannya.

Sayangnya, masih banyak wanita yang kurang memahami bagaimana cara mengecat rambut yang baik dan benar. Sebab, jika Anda mewarnai rambut secara sembarangan maka hasilnya tidak maksimal.

Penting Bagi Wanita, 4 Perawatan Kecantikan Ini Dilarang Dalam Islam

Menurut dr. Gloria Novelita, SpKK, ada hal penting yang wajib diperhatikan sebelum mewarnai rambut, yakni melakukan tes alergi pada kulit dan memilih produk yang tepat.

"Sebelum mengecat rambut, sebaiknya Anda mengetes apakah kulit kepala alergi atau tidak, dengan mencoba cat rambut selama kurang lebih 48 jam pada bagian belakang telinga. Apabila tidak ada tanda-tanda iritasi, Anda bisa melanjutkan proses pewarnaan tersebut," ujarnya, belum lama ini.

3 Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah dan Bisa Bertahan Lama

Gloria menambahkan bahwa Anda juga harus memilih perawatan khusus untuk rambut diwarnai. Ini merupakan hal penting agar warna rambut  tidak mudah pudar dan bertahan cukup lama.

Selain itu, Anda harus mengurangi atau menghindari segala ritual yang membuat rambut menjadi kering. Beberapa di antaranya, seperti blow hair, mengeriting rambut, dan berada di bawah terik matahari terlalu lama.

Jangan lupa rawat rambut dengan menggunakan kondisioner dan masker rambut. Sebaiknya, sehari sebelum Anda mewarnai rambut, tidak berkeramas atau melakukan perawatan agar warna mudah menempel pada rambut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya