Merdi Sihombing Ciptakan Koleksi Tenun Ramah Lingkungan

Koleksi Tenun Merdi Sihombing
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Haibuan

VIVA.co.id – Industri fesyen Indonesia kian terlibat dalam mendukung program pembangunan ramah lingkungan. Ini pula yang melatarbelakangi desainer kenamaan Merdi Sihombing yang meluncurkan koleksi terbaru berbahan ramah lingkungan .

Desainer Merdi Sihombing dan Misi Fesyen Ramah Lingkungan

Bekerja sama dengan HIVOS, Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil (ASPPUK), Non Timber Forest Product Exchange Programme (NTFP EP), serta didukung oleh Uni Eropa, Merdi Sihombing memperkuat komitmennya terhadap konsep sustainable fashion (fesyen yang berkelanjutan). Tidak hanya itu, dia juga bermitra dengan para penenun perempuan yang berasal dari sembilan provinsi di Indonesia. 

Bisa dikatakan, ini merupakan kali pertama seorang perancang busana Indonesia secara tunggal menciptakan koleksi fesyen ramah lingkungan menurut standar tekstil internasional. Koleksi terbaru Merdi ini diproses dengan menggunakan cara-cara yang berkelanjutan, yakni menggunakan zat warna alami, bubuk pewarna ramah lingkungan, ekstrak cairan, dan serat organik.
 
“Tekstil tenun tangan banyak diproduksi di berbagai pulau di Indonesia, dan lazim digunakan sebagai peralatan rumah, dekorasi, aksesoris fesyen, dan pakaian. Tekstil-tekstil ini bernilai budaya tinggi,” ujar Merdi Sihombing dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Minggu 28 Agustus 2016.

Ternyata Denim Bisa Dibuat dengan Alat Tenun Loh

Merdi menambahkan bahwa aneka  koleksi tenun tangan tradisional ini sangat baik dan tidak berbahaya untuk lingkungan hidup. Ini juga layak dipromosikan sebagai produk fesyen berkualitas dan bernilai jual yang kompetitif.

“Koleksi ramah lingkungan ini merupakan langkah besar terhadap apa yang selalu ingin saya raih bersama dengan para penenun; membuktikan bahwa aneka tekstil tenun tangan tradisional yang tidak berbahaya untuk lingkungan hidup layak dipromosikan sebagai produk fesyen berkualitas serta bernilai jual yang kompetitif," ungkap Merdi.
 
Sekretaris Eksekutif Nasional Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil, Mia Ariyana mengatakan bahwa industri fesyen ramah lingkungan saat ini masih didominasi oleh pengusaha kecil di daerah-daerah miskin. Para penenun kebanyakan adalah perempuan miskin yang merupakan anggota kelompok etnik di daerah, yang melestarikan pengetahuan tradisionalnya pada teknik produksi yang berkelanjutan. (asp)

Tenun dan Batik Indonesia Siap Pukau London Fashion Week
Tenun Lurik Kontemporer karya Lia Mustafa

Tampilkan Tenun Lurik Kontemporer di Seoul, Desainer Ini jadi Sorotan

Lia Mustafa disandingkan dengan 10 desainer lain di ASEAN

img_title
VIVA.co.id
17 Juni 2019