Seksinya Pantai Pulisan Sulawesi Utara

Pantai Pulisan Sulawesi Utara
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agustinus Hari (Manado)

VIVA.co.id – Para turis dari berbagai negara yang datang ke Sulawesi Utara, tujuan utamanya menikmati wisata pantai. Tak salah, kalau Pantai Pulisan Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, menjadi salah satu lokasi favorit para turis, termasuk ribuan turis asal Tiongkok, yang terus berdatangan.

Bali Dikalahkan Cape Town, Tak Lagi Kawasan Wisata Termurah

Pantai ini tak pernah sepi dari pengunjung, entah akhir pekan, hari kerja, atau pun hari libur. Dari fotografer yang berburu foto, serta orang-orang yang foto pra nikah, nyaris terlihat di mana-mana. Jika ke sini dalam keadaan sepi, berarti Anda lagi beruntung.

Pantai Pulisan memang berbeda dari kawasan wisata pantai lainnya di Sulawesi Utara, yang namanya telah tenar terlebih dahulu. Ada tiga spot pemandangan pasir, batu, serta padang savana itulah yang membuatnya istimewa.

Festival Pesona Selat Lembeh 2016 Berlangsung Oktober

Belum lagi, pemandangan bawah laut yang lumayan bikin mata enggan berkedip jika melihatnya. Untuk snorkeling, bawah laut pantai ini menjadi pilihan yang bagus. Tak perlu ke tempat yang dalam, karang yang indah bisa ditemukan tak jauh dari bibir pantai.

Pantai ini memiliki tiga bagian pantai yang dipisahkan oleh tebing batu yang menjorok ke laut. Spot pertama, yakni kawasan yang telah dikelola masyarakat Desa Pulisan. Toilet, kamar ganti, serta meja yang disewakan ada di sini. Di sini pula, tempat di mana wisatawan biasanya memarkir kendaraan.

Idul Adha, 3.600 Wisatawan Padati Gembira Loka

Kondisi pantai diisi dengan pemandangan hamparan pasir putih dan pepohonan untuk berteduh. Tak cukup sampai di sini, Pulisan masih menyimpan sejuta pesonanya. Apalagi, saat menyeberang dengan perahu, akan semakin menikmati eksotisnya pantai ini.

Kawasan paling favorit adalah gua. Kenapa disebut gua, karena di sini ada tebing batu yang berbentuk gua, yang bersentuhan langsung dengan laut. Di gua ini menjadi tempat favorit warga untuk mandi. Di sekitar gua, juga terdapat tebing bebatuan abu-abu eksotis yang membuat pemandangan pantai ini semakin indah.

Pepohonan rindang meneduhkan pantai yang diapit tebing batu. Hanya sekitar 50 meter panjang pantai di kawasan gua ini. Puas dengan pantai dan bebatuan eksotisnya, Anda bisa menikmati suasana beda dari pantai ini.

Hanya perlu memanjat sekitar 50 meter, padang savana akan memukau para wisatawan. Pemandangan padang savana yang berkolaborasi dengan pemandangan laut dan tepi pantai. Dari kejauhan, pesisir Pantai Pulisan terlihat berwarna hijau toska, perpaduan pasir putih dan air laut. Sungguh pemandangan yang memesona. Spot yang indah untuk mengabadikan diri di tempat yang indah ini.

Pantai Pulisan Sulawesi Utara

       Pemandangan Pantai Pulisan Sulawesi Utara. FOTO: VIVA.co.id/Augustinus Hari (Manado)

Ada lagi bagian lain yang bisa dijangkau dengan perahu, juga bisa langsung lewat darat. Orang menyebutkan kawasan resort. Di sini berdiri resort yang disewakan. Tapi tetap terbuka untuk umum. Pantainya juga luas, sejumlah wisatawan bahkan sering mendirikan tenda di pinggir pantai. Seperti kawasan gua, batu, pasir dan padang savanna juga bisa dinikmati di kawasan ini.

Dengan Rp15 ribu, para wisatawan sudah bisa menjangkau kawasan-kawasan ini. Ongkos tersebut sudah pulang pergi. Perahu berkapasitas maksimal tujuh orang akan mengantar wisatawan, tinggal janjian kapan akan dijemput kembali.

Di kawasan di mana mobil diparkir, masyarakat menyewakan meja seharga Rp50 ribu. Barang-barang ditaruh di tempat ini, lalu naik kapal ke kawasan gua dan sekitarnya. Makanan tak diperbolehkan dibawa, kecuali barang-barang berharga.

Puas main air, kamar mandi berjejer. Jika lapar melanda, warung-warung di sepanjang pantai menyediakan makanan untuk disantap. Harganya pun relatif terjangkau. Makanan ringan berupa pisang goroho yang disantap dengan teh, atau kopi hangat, menyempurnakan pengamalan anda berwisata di tempat ini.

Dari pusat kota Airmadidi Minahasa Utara, harus berkendara sekitar 90 menit mengarah ke Likupang untuk tiba di pantai ini. Dari Kota Manado sendiri, butuh waktu berkendara sekitar 60 menit. Sehingga total perjalanan ke Pantai Pulisan memakan waktu dua jam 30 menit. Pulisan, pantai indah nan eksotis. Jika mau ke Sulawesi Utara, pantai ini menjadi rekomendasi untuk dikunjungi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya