Ragam Makanan yang Mampu Cegah Efek Penuaan

Kacang-kacangan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Cara paling efektif menunda timbulnya efek penuaan adalah dengan konsumsi anti oksidan yang banyak terdapat dalam sayur dan buah. Semua jenis buah dan sayur dipercaya memiliki kandungan antioksidan, yang membedakan adalah kadar yang dikandung dari masing-masing buah dan sayur tersebut.

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Mengetahui kandungan antioksidan dalam makanan bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan mengelompokkan warna dan jenisnya. berikut ini beberapa jenis kelompok makanan yang diketahui memiliki banyak kandungan antiokksidan. seperti dilansir Times of India,

Sayuran berdaun hijau

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Sayuran seperti kubis, kembang kol, brokoli, lobak, kubis  dan lobak kaya vitamin C, serta zat anti-kanker. Mereka juga dikenal dapat membantu mencegah katarak dan masalah pada mata.

Sayuran berwarna merah

Air Kelapa Vs Air Lemon, Mana yang Lebih Banyak Manfaatnya untuk Tubuh?

Tomat, wortel hingga paprika dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang kaya. Selain itu sayuran ini sangat kaya akan lycopene yang melindungi tubuh dari penyakit jantung koroner dan kanker paru-paru, usus besar, dan kelenjar prostat.

Bawang putih

Bawang putih  adalah makanan dengan antioksidan tinggi yang dikenal mampu mengurangi tekanan darah tinggi, kolesterol, mengurangi pembekuan darah, mengobati usus, pernapasan, dan infeksi kulit dan bahkan penyakit jantung.

Kedelai

Kedelai memiliki isoflavon di dalamnya yang membantu mencegah penuaan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Ia juga dikenal dapat melindungi risiko terhadap kanker payudara dan prostat, penyakit Alzheimer, osteoporosis dan penyakit jantung. Jika Anda memasuki masa menopause, kedelai akan membantu Anda mengelola tingkat estrogen Anda.

Buah berri

Blackberry, blueberry, blackcurrant dan anggur hitam  kaya akan phytochemical, yang merupakan antioksidan yang kuat untuk dan bermanfaat untuk kesehatan.

Kacang

Kacang-kacangan kaya akan vitamin E, potassium, magnesium, zat besi, seng, tembaga dan omega-3 asam lemak. Makanan ini juga penting ada dalam menu harian Anda untuk mencegah penuaan

Yogurt dan madu

Yogurt adalah penambah kekebalan tubuh baik untuk sistem pencernaan Anda, sementara madu membantu mencegah hilangnya memori atau ingatan akibat penuaan serta gangguan kecemasan.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya