Resep Sehat Anak Hadapi Tantangan di Sekolah

Anak makan sayur
Sumber :
  • Pixabay/ avitalchn

VIVA.co.id – Saat usia sekolah, anak-anak membutuhkan fokus dan konsentrasi yang baik dalam menerima pelajaran yang diterimanya. Untuk meningkatkan konsentrasi saat belajar, anak-anak membutuhkan nutrisi sehat yang dapat mendukung kinerja otaknya agar menjadi lebih cemerlang.

Viral Pria Dimarahi Pacar Gegera Makanan Sehat

Tak hanya makanan sehat dan tidur teratur, sang anak juga membutuhkan multivitamin untuk mendukung kinerja otaknya dan menjaga kesehatan mereka.

Dokter Gizi Klinik, Dr. Diana F. Suganda M.Kes, SpGK, mengatakan anak-anak usia sekolah harus dalam kondisi baik selama masa pertumbuhan, terlebih saat belajar di sekolah.

Anak Stunting Terkait Perawakan Tubuh Orang Tua, Fakta atau Mitos?

"Anak tentunya membutuhkan konsentrasi tinggi, yang mendukung kelancaran proses belajar mengajar," kata Diana, dalam acara talk show "Semangat Baru di Tahun Ajaran Baru, sekaligus peluncuran suplemen makanan anak Citrex Upin & Ipin oleh PT Mega Pharmaniaga, Senin 29 Agustus 2016.

Diana menambahkan orangtua harus memperhatikan gizi yang seimbang dalam makanan dan minuman yang akan dikonsumsi oleh anak mereka.

Begini Cara Mudah Ajak Buah Hati Jalani Pola Hidup Sehat dan Seimbang

"Orang tua dapat meningkatkan daya tahan anak dengan memberikan makanan bergizi seimbang, lengkap komposisi karbohidrat, protein hewani dan nabati, lemak serta vitamin mineral yang sesuai dengan usia mereka," ujarnya.

Sementara itu Psikolog Kasandra Putranto mengatakan otak sebagai organ inti manusia membutuhkan asupan gizi selama masa tumbuh kembang sedari lahir sampai dewasa.

"Agar anak menyukai makanan sehat, dibutuhkan nutrisi selama masa kehamilan untuk menjaga perkembangan otak dan tumbuh kembang anak," ucapnya.

Kasandra menambahkan, tanpa tubuh yang sehat, anak tak mungkin mampu mengembangkan kapasitas intelegensi, emosional, sosial dan spiritual.

"Di dalam tubuh yang kuat, dibutuhkan jiwa yang sehat yang diwakili unsur genetik, serta unsur pembelajaran dari pola asuh dan lingkungan. Saat anak telah sehat raga dan jiwanya, prestasi pun mudah untuk diraih karena mental, sosial dan spiritual telah berkembang sempurna," kata Kasandra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya