Hal yang Perlu Diketahui saat Berkirim Pesan dengan Pasangan

Ilustrasi pesan singkat
Sumber :
  • pixabay/brett_handou

VIVA.co.id – Pesan singkat bisa menjadi cara efektif untuk berkomunikasi, tapi untuk hubungan asmara pesan singkat bisa saja menjadi pedang bermata dua.

Jadi Tersangka Kasus Korupsi, Ini Perjalanan Cinta Harvey Moeis dan Sandra Dewi

Dalam hubungan asmara, hal yang terdengar sepele seperti berkirim pesan bisa menjadi masalah. Karena itu, ada etika tersendiri ketika berkirim pesan dengan pasangan. Jika tidak, bisa saja menyebabkan salah paham hingga mampu merusak hubungan percintaan Anda. Berikut ini adalah dampak berkirim pesan pada hubungan asmara Anda seperti dilansir laman Daily Nation.

1. Sisi negatif

Kian Romantis, Nikita Mirzani dan Rizky Irmansyah Tertangkap Kamera Lakukan Hal ini

Menurut seorang psikolog asal Nairobi, Dr Chris Hart, pesan singkat memang dapat membuat komunikasi lebih mudah. Tapi di saat bersamaan juga dapat menjebak pasangan kekasih.

"Pesan singkat tidak serius dan lebih seksual, dan bisa digunakan untuk melakukan kebohongan atau menutupi kenyataan yang buruk sehingga dapat merusak hubungan yang tengah berkembang," kata Dr Chris.

Raffi Ahmad Tawarkan Diri Jadi MC Pernikahan Mahalini, Tarifnya Bikin Rizky Febian Kaget!

2. Bahasa dan tata bahasa pesan

Bahasa pesan singkat yang biasanya disingkat dan mengabaikan tata bahasa, adalah salah satu hal yang sering membuat jengkel. Selain itu, terlalu banyak menggunakan kalimat singkatan dan emoticon juga bisa membuat penerimanya kesal dan membuat Anda tampak tidak dewasa.

Pelatih percintaan, Sudan Gacheru menyarankan, sebaiknya Anda memeriksa tata bahasa dari kalimat Anda dan membaca ulang pesan sebelum menekan tombol kirim untuk menghindari kesan buruk dari penerimanya.

3. Selama dan setelah kencan

Akan sangat mengesalkan jika pasangan kencan Anda tidak bisa melepaskan matanya dari layar ponsel. Menurut Dr Chris, pasangan baru bisa saling mengenal lebih baik jika tidak ada ponsel di depan mereka yang dapat mengalihkan perhatian.

Kalaupun Anda menunggu pesan atau telepon penting, akan lebih bijak jika Anda memberitahukan pasangan Anda. "Ingatlah untuk selalu mengirimkan pesan terima kasih setelah kencan pertama meski Anda tidak berencana untuk berkencan lagi dengannya," imbuh Dr Chris.

4. Tingkat respons

Jangan langsung membalas pesan dari pasangan potensial Anda begitu saja. Menurut Dr Chris, menunggu beberapa saat akan menunjukkan bahwa Anda juga punya aktivitas lain. Namun, Anda juga harus membalas dalam waktu yang masuk akal.

"Jangan mengabaikan pesan hingga berjam-jam dari orang yang Anda taksir. Jika Anda belum begitu akrab, jangan mengirim pesan di luar jam-jam tertentu," kata Dr Chris.

5. Pesan panjang

Mengetik pesan panjang bukanlah hal yang disarankan karena kebanyakan orang tidak punya banyak waktu membacanya. Jika Anda punya banyak hal yang harus didiskusikan, jangan menggunakan pesan.

"Hindari pesan yang berisi ungkapan perasaan Anda pada pasangan potensial Anda," kata Dr Randi Gunther, ahli percintaan dan penulis buku Heroic Love. Selain itu, hindari pula rengekan, keluhan, meminta, dan marah lewat pesan singkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya