Kemenkes Sebut Belum Ada WNI Terpapar Virus Zika

Ilustrasi nyamuk penyebar virus Zika.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Kementerian Kesehatan RI menegaskan warga Indonesia di Singapura saat ini tidak ada yang terjangkit virus Zika.

Thailand Umumkan Kelahiran Bayi Mikrosephalus karena Zika

"Sampai saat ini belum ditemukan kasus Zika untuk warga Indonesia," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI dr. H. Mohamad Subuh, MPPM, di Gedung kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, 29 Agustus 2016.

Subuh juga mengatakan, Indonesia belum menberikan travel warning kepada masyarakat yang ingin ke Singapura mengingat saat ini Negara tersebut telah positif terpapar virus Zika.

Virus Zika, Berbahaya Tapi Bisa Dicegah

"Saat ini Indonesia belum melakukan travel warning untuk pergi ke Singapura," kata Subuh.

Sebagai salah satu pencegahannya, setiap turis asing maupun lokal yang datang dari Singapura akan diberikan Health Alert Card atau kartu kuning kesehatan.

Virus Zika Mengintai, Ketahui Langkah Antisipasinya

"Seseorang dari Singapura akan diberikan Health Alert Card, apabila satu sampai delapan hari dia menderita panas hingga 38,5 derajat, maka dia wajib melaporkan," katanya.

Diketahui lebih dari 40 orang di Singapura terjangkit oleh virus Zika.Pada Minggu 28 Agustus, Kementerian Kesehatan Singapura membenarkan ada 41 orang yang terjangkit virus Zika.

Kasus Zika sendiri pertama kali muncul di Singapura pada Mei lalu, ketika seorang pria yang baru pulang dari Brasil terindikasikan terkena virus itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya