Waspada Zika, Kemenkes Berjaga di Bandara dan Pelabuhan

Virus Zika dalam foto yang dirilis CDC AS.
Sumber :
  • REUTERS/CDC/Cynthia Goldsmith/Handout via Reuters

VIVA.co.id – Virus Zika telah mewabawah di Singapura tercatat 41 orang positif terjangkit penyakit menular tersebut. Untuk meminimalisir resiko datangnya virus tersebut ke Indonesia, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berkoordinasi dengan pihak keamanan bandara dan pelabuhan kapal yang menerima kedatangan dari Singapura.

Virus Zika Bisa Turunkan Tingkat Kesuburan Laki-laki

"Kita sudah koordinasikan oleh kepala dinas kesehatan dan petugas keamanan bandara, " kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI dr. H. Mohamad Subuh, MPPM saat ditemui di Gedung Kemenkes, Kuningan Jakarta Pusat, Senin, 29 Agustus 2016.

"Cukup banyak bandara yang menampung pesawat dari Singapura. Ada Palembang, NTB,  Medan, Pontianak, Jakarta, Banjarmasin, Bali. Di sana kita tingkatkan  penjagaannya," sambungnya.

Thailand Umumkan Kelahiran Bayi Mikrosephalus karena Zika

Selain itu, pihak keamanan juga diperketat di pelabuhan kapal Ferry di Batam, melihat tempat tersebut selalu ramai di datangi oleh masyarakat yang hilir mudik dari dan menuju Singapura. "Di pelabuhan Batam itu ada 21 kapal hilir mudik setiap hari," ujarnya.

Meski demikian saat ini pemerintah Indonesia belum memberikan travel warning kepada negara tetangga tersebut. Karena, meski berisiko menular penyakit tersebut masih bisa ditangani secara baik oleh pihak pemerintah Singapura.

Virus Zika, Berbahaya Tapi Bisa Dicegah

"Bagi yang bepergian ke Singapura kita tidak larang, tapi lebih waspada aja lah," tambahnya.

Pengembangan vaksin untuk virus Zika.

Ditemukan, Antibodi Penangkal Virus Zika

Antibodi itu berasal dari tubuh manusia.

img_title
VIVA.co.id
8 November 2016