Dampak Luas Bahaya Rokok

Ilustrasi bahaya merokok.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id –  Bicara dampak rokok terhadap kesehatan tentu sudah banyak diketahui. Bahkan pada kemasan rokok saat ini tergambar jelas betapa mengerikan efek dari rokok untuk kesehatan. Apakah hanya terhadap kesehatan, ternyata tidak, efek rokok sangat luas.

Miris, Prevalensi Perokok Anak di Indonesia Meningkat

Rokok menjadi penyebab kemiskinan, di mana keluarga miskin lebih memilih membeli rokok dibanding kebutuhan primer lainnya yang lebih penting.

"Misal kesehatan kita tahu dampaknya. Pada kemiskinan, karena kelompok miskin pengeluaran terbesar setelah beras adalah rokok. Kemudian kesetaraan gender perokok perempuan terus meningkat prevalensinya," kata Anindita Sitepu, Direktur Program CISDI, di Jakarta, 30 Agustus 2016.

Merokok Bikin Wajah Terlihat Tua, Mitos atau Fakta?

Tak hanya itu, menurutnya, meningkatnya perokok perempuan akan memengaruhi generasi berikutnya. Sementara itu, rokok juga memiliki dampak negatif untuk lingkungan. 

"Kemudian dari lingkungan sudah jelas. Puntung rokok terbuang akhirnya terbawa sampai laut, mempunyai residu yang meracuni ikan, biota laut lainnya," ujarnya.
 
Di samping itu, puntung rokok yang dibuang sembarangan memiliki dampak negatif bagi lingkungan, hampir sama seperti dampak plastik terhadap lingkungan. Kalau kita bisa mulai peduli dengan mengurangi penggunaan kantong plastik, kenapa tidak dengan mengurangi konsumsi rokok. Dengan melakukan hal tersebut, justru akan memberi manfaat, tidak hanya bagi kesehatan tapi juga bagi lingkungan. 

Mana yang Berisiko Bikin Penyakit Kanker, Rokok Biasa atau Elektrik?

"Kalau bahaya puntung rokok hampir sama dengan plastik, karena sulit terdegradasi. Akan banyak dampak terhadap lingkungan yang harus kita hadapi," kata perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Anak Agung Putra.


 

BBC Indonesia

Rokok dan Polusi Udara, Mana yang Lebih Mematikan?

Kematian karena polusi udara bisa melebihi kematian akibat merokok.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2020