Ketahui Jenis Camilan yang Bikin Cepat Kenyang

Ilustrasi kacang almond
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA.co.id – Anda mungkin pernah mendengar bahwa diet protein tinggi adalah cara yang baik untuk menjaga tubuh tetap langsing. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Academy of Nutrition and Dietetics, mengonsumsi diet tinggi protein membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan terhindari dari kebiasaan mengonsumsi makanan ringan penuh lemah dan karbohidrat.

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Studi tersebut menganalisis 33 studi lain yang dilakukan sebelumnya dan meneliti asupan protein para peserta.

Dilansir dari Glamour.com, para peneliti lantas menemukan bahwa mengonsumsi camilan atau makanan kecil yang mengandung protein tinggi sebelum makan makanan berat membuat orang merasa lebih cepat kenyang.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Ahli diet gizi Karen Ansel sekaligus salah satu penulis buku The Calendar Diet: A Month by Month Guide to Losing Weight, menjelaskan hal tersebut. Menurutnya, protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dibandingkan lemak dan karbohidrat, sehingga cukup masuk akal bahwa itu membantu Anda merasa cukup kenyang, bahkan sebelum mengonsumsi makanan berat.

Itu karena protein mampu mengubah hormon rasa lapar tertentu seperti ghrelin dan cholecystokinin. Ghrelin adalah hormon yang dihasilkan di perut dan memberitahu jika Anda lapar. Ketika Anda mengonsumsi protein, Anda menghasilkan lebih sedikit ghrelin yang mampu menunda rasa lapar.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

"Pada saat yang sama, protein meningkatkan sekresi cholecystokinin, hormon yang memperlambat pencernaan, sehingga perut Anda akan menjadi kosong dalam waktu yang lebih lama,” katanya.

Ansel juga mengatakan bahwa protein secara substansial membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna dibandingkan karbohidrat atau lemak, sehingga membantu mengurangi berat secara alami.

Untuk membantu Anda cepat merasa kenyang, ia merekomendasikan mengonsumsi segelas susu rendah lemak, telur rebus, seporsi kecil yoghurt atau segenggam kacang almond.

Di samping itu, ahli gizi Lisa Moskovitz, R.D., CEO dari NY Nutrition Group, mengatakan Anda tidak harus memaksakan diri untuk makan camilan berprotein tinggi sebelum makan jika Anda tidak merasa lapar. Sebaliknya, ia merekomendasikan untuk makan protein tanpa lemak untuk membantu Anda tetap kenyang lebih lama sepanjang hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya