Indonesia Perlu Tingkatkan Kualitas Pariwisata Bahari

Menteri Pariwisata Arief Yahya
Sumber :

VIVA.co.id – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan saat ini Indonesia perlu meningkatkan lagi kualitas pariwisata bahari di Indonesia, mengingat Indonesia memiliki keindahan laut yang luar biasa. Menpar mengutip kembali kata-kata yang pernah di ucapkan presiden Jokowi.

Penjelasan Menpar Terkait Okupansi di Tanjung Lesung Masih Rendah

"Presiden Jokowi di tahun 2014 pernah berkata sudah lama kita memunggungi lautan. Maka itu, jadikan laut dan sungai sebagai beranda depan rumah kita," ujar Menteri Pariwisata Arif Yahya saat acara pesona bahari 2016 di gedung Sapta Pesona, Jakarta Selatan, 30 Agustus 2016

Menpar juga mengatakan, saat ini Indonesia memiliki potensi yang luar biasa dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Namun sayangnya, sumber daya itu belum bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Tiket Pesawat Masih Mahal, Menpar: Industri Pariwisata Terguncang

"Kita punya 710 titik selam di 33 destinasi. Komodo dan Raja Ampat sudah masuk daftar tempat menyelam terbaik di dunia. Panjang garis pantai kita 100 ribu kilometer, salah satu yang terpanjang di dunia.

Dari wisata bahari, kita bisa mempekerjakan 40 juta orang atau sepertiga dari angkatan kerja di Indonesia," jelasnya.

Menpar: Sirkuit Mandalika Akan Jadi Sirkuit Moto GP Pertama di RI

Beberapa cara sudah dilakukan untuk mengerjakan pekerjaan rumah itu, seperti menetapkan 10 destinasi wisata prioritas. Tujuh di antaranya merupakan destinasi wisata bahari seperti sebut saja Wakatobi dan Morotai.

Indonesia meraih peringkat pertama destinasi wisata halal terbaik.

11 Destinasi Wisata Halal Unggulan Indonesia yang Wajib Didatangi

Dari Yogyakarta, Pekanbaru, hingga Cianjur.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2019